Pilakda 2020, PDIP Riau Tidak Ungkap Hasil Survei Ke Publik

PDIP-Ilustrasi.jpg
(Kedai Pena)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPD PDIP Riau hampir menyelesaikan tahapan penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah. PDIP Riau saat ini tengah melakukan survei terhadap elektabilitas dan popularitas tokoh yang sudah mendaftar ke partainya.

 

Ketua Tim Penjaringan DPD PDIP Riau, Syafaruddin Poti mengatakan, saat ini survei tengah dilakukan di 9 kabupaten dan kota yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020.

 

"Kita sudah survei semuanya, mungkin tanggal 10 Januari 2020 ini sudah selesai semua," kata Anggota DPRD Riau dapil Rohul ini, Kamis, 2 Januari 2020.

 

Survei, lanjutnya, memang menjadi salah satu pertimbangan DPP PDIP untuk memberikan dukungan kepada mereka yang berniat membangun daerahnya lewat partai berlambang banteng ini.

 

Selain survei, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan DPP dalam memberikan rekomendasi dukungannya, yakni kemampuan si calon untuk mengumpulkan dukungan dari partai lain.

 

"Karena kan PDIP tidak bisa mengusung Paslon sendiri, harus ada koalisi. Makanya mereka harus melengkapi partai koalisi," tambah Poti.

 

Lebih jauh, loyalitas mereka terhadap perjuangan PDIP juga akan menjadi tolak ukur penting dalam mendapatkan rekomendasi dari ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

 

"Jadi, kita tetap akan memprioritaskan kader kita untuk maju, kita punya kader hebat di setiap daerah," pungkasnya.

 

Disinggung apakah hasil survei akan diungkap ke publik, Poti menegaskan hasil survei hanya akan menjadi konsumsi internal PDIP sehingga tidak akan diungkap ke publik.

 

"Ini kan bagian dari strategi kita juga, tidak mungkin kita umumkan," tutupnya.