Soal Uighur, Politisi PKS Asal Riau Ini Desak Jokowi Usir Dubes China

Syahrul-Aidi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Syahrul Aidi Ma'azat, meminta Presiden Joko Widodo untuk segera mengusir perwakilan negara China di Indonesia.

Syahrul mendasari desakan untuk mengusir perwakilan China dari Indonesia karena negara mereka sudah melakukan pelanggaran Hak Azazi Manusia (HAM) berupa genosida (pembantaian etnis tertentu secara massif dan sistematis terhadap etnis tertentu). 

"Pemerintah Indonesia harus protes dan tegas ke pemerintah Cina dan India, kalau perlu usir Kedubes dua negara itu," ungkap Syahrul Aidi Ma'azat, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 17 Desember 2019. 

Tidak hanya untuk perwakilan negara China saja telah melakukan genosida terhadap Muslim Uighur, Pemerintah dipimpin Presiden Jokowi juga lakukan hal serupa untuk Myanmar terhadap apa mereka lakukan ke Muslim Rohingnya. 

"Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Amanah dari UUD 1945 sudah jelas menyatakan, Indonesia menolak penjajahan dan penindasan kepada siapapun, apalagi terhadap satu etnis dan agama," jelasnya. 

Indonesia, tuturnya, bisa bersikap tegas terhadap negara melakukan genosida sebagai bentuk usaha aktif dalam perdamain dunia.

"Bahkan kepedulian terhadap mereka, tidak harus menjadi muslim, akan tetapi atas dasar kemanusian," jelas kakak kelas Ustadz Abdul Somad (UAS) ini.