Suami Doyan "Jajan" Seratusan IRT di Pelalawan Mengidap HIV-AIDS

HIV-AIDS-Ilustrasi.jpg
(Tribunnews.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 177 warga Pelalawan Riau terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

Data tersebut berasal dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, ssembilan tahun terakhir. Temuan itu sejak tahun 2010 hingga 2019 ini berdasarkan pemeriksaan CT Scan yang ada di Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci.

"Untuk tahun 2019 ini ada 16 kasus HIV AIDS yang kita temukan," terang Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pelalawan, Asril Senin 2 Desember 2019

Asril menjelaskan, dari daftar penderita penyakit mematikan itu, lebih mirisnya didominasi oleh Ibu Rumah Tangga (IRT).

Diduga IRT terinfeksi penyakit berbahaya itu melalui suaminya yang telah mengidap penyakit terlebih dahulu, lantaran sering "jajan" di luar.

Namun lantaran tidak tahu dirinya terjangkit, sang istri terjangkit setelah melakukan hubungan.

Kemudian kelompok masyarakat terbanyak kedua yakni pekerja swasta yang sering keluar rumah. Diperkirakan yang bersangkutan sering berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman.

"Kita selalu mengimbau masyarakat untuk memeriksakan dirinya ke RSUD, paling tidak untuk pencegahan. Kami jamin kerahasian pasien," tandasnya.

Diskes akan menggalakan sosialisasi terkait bahaya HIV AIDS kepada masyarakat melalui seminar dan program kesehatan lainnya. Pihaknya akan selalu mengimbau warga yang ingin mengetahui dirinya terjangkit atau tidak, dipersilahkan untuk memeriksakan diri.