Tekan Angka Kecelakaan, Assa Rent Gelar Pelatihan Keselamatan Mengemudi

assa-rent.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perusahaan rental dan sewa mobil terbesar di Indonesia, PT ASSA Rent, menggelar pelatihan safety driving bagi sejumlah perusahaan yang menjadi mitranya selama ini.

Branch Head ASSA Rent Pekanbaru, Goggi Priyonggo mengatakan pelatihan ini dilakukan pertama kalinya di Pekanbaru karena berdasarkan data yang ada, Pekanbaru merupakan daerah dengan angka accident tinggi dibanding cabang ASSA yang lain.

Disampaikan Goggi, tujuan dari pelatihan ini adalah sebagai bentuk kepedulian pihaknya kepada customer terhadap tinggi angka accident ini, sehingga dengan adanya kegiatan ini angka accident bisa ditekan.

"Rasio asuransi kita termasuk tinggi untuk nasional, makanya kita buat event ini untuk menekan angka kecelakaan customer kita di Pekanbaru," kata Goggi, Sabtu, 23 November 2019.

Dalam kegiatan ini, 30 perusahaan mitra ASSA akan diberi pembekalan defensive driving, para customer akan ditingkatkan rasa pedulinya terhadap resiko bahaya, baik faktor internal maupun eksternalnya.

Sementara itu, Deputy Manager Fleet Dept, Yefta Oktavianus Santoso menambahkan, pihaknya memahami sebagai perusahaan yang bergerak di transportasi pasti ada resiko accident.

Untuk itu, sebagai bentuk tanggung jawab, ASSA inisiatif menggandeng perusahaan asuransi Adira dan Polda Riau untuk bersama memberikan training kepada para driver ini.

"Jadi kita tak hanya sebatas sewa dan bayar saja, kita juga sebagai mitra harus membantu customer, memang ada customer yang sudah safety dan ada yang belum, yang belum ini kita bangun Awareness-nya, selain customer untung, kita juga terbantu," jelasnya.

Accident, sambungnya, tidak hanya sebatas kerugian materi saja, namun juga terdapat kerugian kemanusiaan.

"Selain dari sisi materi, accident juga menyebabkan kerugian kemanusiaan, misalnya ada yang kecelakaan, korban luka maupun meninggal dan bahkan pengemudi bisa masuk penjara. Ini kan cukup memprihatinkan kita, makanya dengan kegiatan ini kita coba mengantisipasinya," tuturnya.

Trainer ASSA, Sigit Triyo Nugroho menjelaskan pada kesempatan kali ini pihaknya memberikan materi seputar safety campaign yang berisikan tentang knowledge sharing dan assesmen driving.

"Knowledge sharing ini bagaimana mengemudi yang aman dan nyaman, terutama tentang defensive driving, di mana kita melakukan identifikasi potensi bahaya, semisal jika ada orang ingin menyeberang, kita klakson dan kurangi kecepatan," pungkasnya.

Driver nantinya juga akan dibekali pemahaman mendalam seputar aturan berlalu lintas yang benar. Karena memiliki SIM tidak menjamin driver paham rambu-rambu lalu lintas.

"Nanti juga kita akan praktek langsung, jadi ada assessment juga, kita lihat apakah driver ini bisa mengantisipasi bahaya atau tidak. Walaupun ini kompleks perhotelan, potensi bahaya itu pasti ada," tuturnya.

Tak hanya itu, Sigit juga mengatakan kendaraan tidak kalah penting karena secanggih apapun kendaraan kalau tidak dirawat secara rutin juga akan menimbulkan potensi accident.

Sebagai informasi, ASSA merupakan perusahaan sewa mobil kepada sejumlah instansi di seluruh Indonesia baik instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta. Hingga hari ini, ASSA sudah memiliki 950 unit mobil di wilayah Riau.