Aktual, Independen dan Terpercaya


Zulkifli Hasan: Jangan Terpancing Pernyataan Tak Menyejukkan Hati

zulhas.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan meminta seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam saat ini untuk menyolidkan barisannya masing-masing dan tidak perlu bersikap keras.

"Saya sudah mulai safari ke ormas Islam. Ke Muhammadiyah, dewan dakwah, dan lainnya. Saya sudah berdialog, saya bilang ormas Islam saatnya bersatu mengkonsolidasikan ormasnya masing-masing. Tidak saatnya lagi bersikap keras, itu akan merugikan kita sendiri," ujar politisi yang kerap disapa Zulhas ini dihadapan ratusan kader di Riau, Sabtu malam, 26 Oktober 2019.

Kemudian, Ia meminta semua pihak untuk memberi kesempatan kerja kepada menteri yang sudah dibentuk Jokowi. Meskipun ada beberapa statement menteri baru yang menyakitkan hati.

"Pernyataan menteri-menteri ini jangan terpancing mereka berstetement yang sama sekali tidak menyejukkan hati," tuturnya.

Misalnya, sudah ada menteri yang mengatakan akan menertibkan masjid-masjid radikal, dan memang dianggap Zulhas sebagai pernyataan yang menyakitkan hati.

"Itu pernyataan tidak penting tidak perlu. Itu membuat orang tambah keras. Kalau ada yang radikal, ambil orangnya. Tapi kalau bilang masjid-masjid radikal, itu menyakitkan hati. Tak perlu diucapkan. Tidak produktif itu," pungkasnya.

Lebih jauh ia menghimbau kepada pemerintah untuk tidak mengkaitkan radikalisme kepada Islam saja, sebab setiap agama selalu ada potensi radikal yang berdasarkan fanatisme berlebihan.

"Pernyataan seperti itu yang memancing kekerasan, kita ingatkan sebagai mitra kritis," tutupnya.