Aktual, Independen dan Terpercaya


Tanpa Gerindra, PKS dan PAN, DPRD Riau Tetapkan Alat Kelengkapan Dewan

akd-dewan.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meski baru dilantik sejak sebulan yang lalu, namun tampaknya kondisi perpolitikan di internal DPRD Riau mulai memanas. Pasalnya, tiga fraksi di DPRD Riau yakni Gerindra, PKS dan PAN tak menghadiri rapat paripurna penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Dalam rapat yang digelar Kamis malam, 10 Oktober 2019 tersebut hanya diikuti oleh lima fraksi saja. Yakni Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB dan Fraksi Gabungan (PPP, Nasdem dan Hanura).

Meski tiga fraksi Gerindra, PKS dan PAN tak mengusulkan nama anggotanya di dalam AKD, 40 anggota DPRD Riau mengikuti rapat tetap melanjutkan rapat. Alasannya, rapat sudah memenuhi kuorum.

Akibatnya, rapat tersebut dihujani interupsi karena ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet meminta rapat diskors karena ada tiga fraksi yang tidak menghadiri rapat penting ini.

Namun, keinginan Indra Gunawan ditentang sejumlah fraksi, salah satunya fraksi PKB yang disampaikan oleh Muhammad Adil. Adil mempertanyakan dasar hukum Eet ingin mengskors rapat.

"Ini negara hukum, apa dasar rapat ini diskors. Rapat ini sudah kuorum," tegas Adil.

Rapat tetap dilanjutkan dan Indra Gunawan kemudian membacakan nama-nama yang diusulkan oleh masing-masing fraksi, mulai dari Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Perda Daerah (BP2D), hingga Komisi-komisi.

Pertentangan kembali terjadi saat penunjukkan ketua komisi, hampir semua fraksi mendesak penunjukkan pimpinan tetap dilakukan meskipun masih ada fraksi yang belum mengirimkan nama anggotanya.

Usai pimpinan komisi ditetapkan, interupsi kembali terjadi. Kali ini datang dari anggota fraksi Demokrat, Manahara Napitupulu. Manahara meminta pembentukan BK diundur saja.

Pasalnya, anggota Badan Hukum (BK) BK diusulkan oleh setiap fraksi, sementara tiga fraksi tidak ada dalam rapat tersebut. Namun, lagi-lagi tanpa tiga fraksi ini rapat dilanjutkan.

Hasilnya, pada rapat yang ditutup pukul 23.00 WIB ini semua Alat Kelengkapan Dewan bisa diselesaikan tanpa menunggu fraksi Gerindra, PKS dan PAN.