BEM Nusantara Desak Jokowi Mundur Jika tak Selesaikan Karhutla di Indonesia

Mahasiswa-Riau-Demo-Asap.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SIGIT EKA YUNANDA)

Laporan: SIGIT EKA YUNANDA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (BEM Nus), Dedy Gustiawan, mendesak Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan permasalahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Indonesia, termasuk Riau, Jambi, Sumsel, Kalbar, Kalteng dan Kalsel. 

"Kita sudah berkoordinasi dengan kawan-kawan di Kalimantan dan Sulawesi yang juga terdampak. Hari ini kita tidak hanya berjuang untuk Riau tapi untuk Indonesia" ujar Dedy, Senin, 16 September 2019, saat berunjuk rasa di Gedung DPRD Riau.

Ia juga menyebutkan, massa aksi akan menemui Presiden Indonesia, Jokowi, dijadwalkan bermalam dan berada di Pekanbaru.

"Kita akan temui Presiden Jokowi dimanapun ia berada. Jokowi harus langsung menyelesaikan masalah ini. Jokowi ke Riau atau turun!," ancamnya. 

Massa sekali lagi menagih janji Jokowi untuk segera menyelesaikan masalah Karhutla termasuk mencopot Kapolda Riau dan Danrem 031/Wira Bima.

Sebelumnya, mahasiswa juga menggelar aksi di depan pintu gerbang Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru. Gubernur Riau, Syamsuar langsung menjumpai mereka dan berdialog. 

Sebelum dijumpai Syamsuar, sempat terjadi bentrokan saling dorong antara polisi dengan mahasiswa mendesak masuk ke halaman kantor Gubernur Riau.