Kodim Kampar Raih Penghargaan Jurnalistik Terbaik Pertama TMMD 105

anggi-juara.jpg
(istimewa)

RIAUNLINE, JAKARTA - Komando Distrik Militer 0313 Kampar, Provinsi Riau berhasil menorehkan penghargaan prestisius dalam kegiatan lomba karya jurnalistik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105.

Tulisan berjudul Manunggal TNI, Merangkai Sitingkai Demi Anak Bangsa karya kontributor Selasar, mitra resmi Kumparan, Anggi Romadhoni merebut juara pertama LKJ TMMD yang diselenggarakan oleh Mabes TNI AD.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa serta menteri lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memberikan langsung penghargaan tersebut di Gedung Puskodal Mabes TNI AD, Jakarta, Kamis (12/9).

Manunggal TNI, Merangkai Sitingkai Demi Anak Bangsa menceritakan pengorbanan prajurit 150 personel prajurit TNI Kodim 0313 Kampar yang melaksanakan program TMMD ke-105 di Desa Balung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Sebulan penuh para prajurit menanggalkan seragam kebanggaan dan senjata untuk menggantinya dengan peralatan seadanya. Di bawah Komando Komandan Distrik Militer 0313 Kampar, Letkol Inf Aidil Amin, para prajurit tersebut membuka dan memperbaiki akses jalan sepanjang 9 kilometer di Desa Balung.

Akses jalan merupakan infrastruktur dasar yang sangat mereka butuhkan. Selama bertahun-tahun, masyarakat desa Balung terpaksa menuju ke Desa mereka dari provinsi tetangga, Sumatera Barat. Keberadaan jalan itu nantinya akan mempermudah akses masyarakat ke dunia luar dan meningkatkan sisi ekonomi.

Selain jalan, TNI yang bertugas sejak Juli hingga Agustus itu juga mendirikan sejumlah jembatan. Salah satunya adalah jembatan di Sungai Sitingkai, sebuah sungai berukuran cukup besar yang selama ini harus dilewati para siswa menuju ke sekolah mereka.

Tak hanya pembangunan fisik, Letkol Inf Aidil Amin juga meminta kepada jajarannya untuk membangun karakter para pemuda dan siswa desa dengan program bela negara. Seluruh program yang terangkum dengan baik itu memberikan manfaat luar biasa kepada masyarakat setempat.

Letkol Inf Aidil mengaku bangga dengan keberhasilan karya jurnalistik terkait penyelenggaraan TMMD ke 105 di Kampar. Dia berharap program TMMD yang telah dilaksanakan dapat membantu masyarakat desa Balung untuk mendapat hidup yang lebih layak.

Asisten Teritorial Kasad Mayjen TNI Bakti Agus menambahkan bahwa pelaksanaan TMMD 105 secara umum berlangsung dengan baik dan lancar. Pada 2019 ini, TNI AD akan kembali melaksanakan TMMD ke-109 yang diselenggarakan di 52 kabupaten dan kota se Indonesia. Berbeda dengan sebelumnya, pada TMMD 106 ini, TNI AD akan melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Setiap melaksanakan TMMD akan memberikan fokus dan perhatian yang berbeda melihat kebutuhan masing-masing daerah. Seperti kita ketahui, saat ini kita menghadapi persoalan lingkungan hidup. Ada kebakaran, asap, kekeringan dan sebagainya," kata Mayjen Bakti.

Untuk itu, pada kegiatan TMMD kali ini TNI AD menggandeng KLHK. Sebab, selain fokus pada pembangunan fisik non fisik, TNI dan KLHK juga punya fokus untuk mengatasi persoalan lingkungan yang kini menjadi masalah bagi masyarakat Indonesia.  (**)