Perolehan Kursi Meningkat, PKS Bentuk Fraksi Sendiri di DPRD Riau

makarius.jpg
(Hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dengan kenaikan jumlah kursi yang drastis 7 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan akan membentuk fraksi sendiri di DPRD Riau pada masa kerja 2019-2024.

Hal tersebut disampaikan oleh bendahara DPW PKS Riau, Markarius Anwar. Dikatakannya DPP PKS sendiri sudah mengirimkan SK ke tingkat DPW dalam komposisi penyusunan fraksi.

"Saya ketua fraksinya, kemudian sekretarisnya Mira Roza dan Bendahara fraksi Srnita Sari," kata politisi yang kerap disapa Eka ini, Minggu, 8 September 2019.

Untuk diketahui, pada periode 2014-2019 PKS hanya mendapatkan tiga kursi saja di DPRD Riau, alhasil mau tidak mau PKS harus mencari fraksi lain untuk diajak membentuk fraksi gabungan.

PKS pun masuk ke dalam fraksi Gerindra dan membentuk fraksi Gerindra Sejahtera. Saat itu Gerindra memiliki 7 kursi dan PKS 3 kursi. Dengan begitu Fraksi Gerindra Sejahtera punya 10 kursi.

"Kemarin kan sama Gerindra, kadang dominan sikap Gerindra, kadang kita beri masukan juga," tuturnya.

Dengan dibentuknya fraksi sendiri, PKS akan lebih leluasa dalam memberikan sikap fraksi ke DPRD Riau dibandingkan dengan periode lalu.

"Fraksi itu kan perpanjangan tangan partai, berarti sikap atau warna fraksi kami lebih PKS lah periode ini. Kan begitu. Kita lebih bebas dalam menentukan sikap fraksi," tutupnya.