Aktual, Independen dan Terpercaya


Atasi Banjir, Begini Koordinasi Pemko Pekanbaru-Pemprov Riau-Kampar

banjir-panam.jpg
(Hasbullah)

Laporan: RICO MARDIANTO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengklaim sudah berkoordinasi dengan PUPR Provinsi Riau terkait penanggulangan masalah banjir di Pekanbaru.

"Kemarin pasca-banjir saya langsung rapat dengan Kadis PUPR Provinsi Pak Dadang berkaitan masalah banjir. Beliau mengatakan Gubernur Riau akan mendukung apa pun kebutuhan kita dalam menanggulangi masalah banjir ini," kata Indra, Minggu, 16 Juni 2019.

Selain itu Indra mengatakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kadis PUPR Kabupaten Kampar sebab banjir yang terjadi di kawasan perbatasan Pekanbaru dengan Kampar merupakan dampak dari meluapnya Sungai Kampar dan sejumlah sungai kecil lainnya.

"Mereka (PUPR Kabupaten Kampar) berjanji akan segera mensurvei lokasi dan akan melaporkan (hasilnya) ke kita. Dan Pemprov sudah menyanggupi mengirim alat berat ke lokasi. Nah, kalau Sungai Bintungan sudah normal, insya Allah banjir di wilayah Tampan berkurang," jelas Indra.

Langkah selanjutnya, kata Indra, pihaknya akan merenovasi sistem drainase dan mengeruk parit-parit di kawasan perkotaan Pekanbaru lalu membuat trotoar di atasnya. Dia mengimbau pemilik ruko yang menutupi drainase agar membongkar bangunan di atasnya.

"Nanti kita akan berkoordinasi dengan Satpop PP untuk menertibkan kawasan drainase itu," kata Indra.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, Pemko Pekanbaru akan lebih serius menangani masalah banjir ini. Fokus pekerjaan Pemko ke depan yaitu menormalisasi seluruh drainase di Pekanbaru.

"Kita di Pemko berpikir banjir ini bisa selesai, Pak Walikota menyampaikan akan memperbaiki jalan, medesain drainase, dan peningkatan badan jalan supaya tidak lagi tergenang banjir," ujarnya.