Ada Apa Dibalik Ngototnya Gubernur Riau Resmikan Jembatan Siak IV?

Peresmian-Jembatan-Siak-IV.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Di penghujung kepemimpinannya sebagai Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, menggesa peresmian tiga proyek mercusuar yang dibangun pada masa Arsyadjuliandi Rachman masih menjabat. 

Ketiga pembangunan fisik diburu pengerjaannya kemudian digesa peresmiannya itu adalah jalan layang Soekarno-Hatta dengan Tuanku Tambusai, serta Soekarno-Hatta dan HR Soebrantas. Selain itu, merampungkan Jembatan Siak IV yang sempat terbengkalai selama empat tahun, kemudian dituntaskan tahun 2018 silam. 

Timbul pertanyaan, ketiga pembangunan fisik tersebut digesa peresmiannya padahal belum ada uji kelayakan, seperti dialami Jembatan Siak IV, menghubungkan Jalan Sudirman dengan Jalan Sembilang, Rumbai. 

Baca Juga: 

Sebelum Diresmikan, Yuk! Kenali Jembatan Siak IV

Sah. Jembatan Siak IV Diberi Nama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Noviwaldy Jusman menilai peresmian Jembatan Siak IV terkesan terburu-buru, pasalnya hasil tes uji kelayakan jembatan tersebut belum keluar.

"Loading test-nya sudah, tapikan hasilnya belum ada dan masih dalam pengkajian, bagaimana kita meresmikannya kalau hasilnya belum ada?" kata laki-laki akrab disapa Dedet ini, Kamis, 13 Februari 2019.

 

Politisi Demokrat ini mengaku sudah mengamati serta mengawasi pembangunan proyek yang mangkrak bertahun-tahun dimasa-masa akhir Rusli Zainal menjabat.

Dedet mengatakan, jembatan ini sudah menjadi harapan seluruh masyarakat Pekanbaru khusunya Rumbai, maka pembangunannya juga harus betul-betul diperhatikan.

Klik Juga: 

Lega! Gonta-Ganti Gubernur Riau, Jembatan Siak IV Akhirnya Rampung

"Jembatan ini belum diyakini lolos uji dan kelayakan, saya tidak mau turut bertanggung jawab nantinya karena belum melalui proses pengujian dibuktikan dengan hasil dan konklusinya," ulasnya.

Dedet kemudian mengenang ketika ia juga mengkritik peresmian Jembatan Siak III, namun tidak didengar kala itu.

"Jembatan Siak III itu dulunya kan juga mengejar hari ulang tahun gubernur, saya teriak ada tak normal tapi tetap diteruskan, akhirnya kejadian toh ada kendala di kemudian hari," imbuhnya.

Seperti diketahui, hari ini, Kamis, 14 Februari 2019, Pemprov Riau meresmikan Jembatan Siak IV dan dua Fly Over di Pekanbaru yang dihadiri oleh sejumlah pejabat, namun Dedet ini sendiri tak terlihat.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id