Sambut Idul Adha, ACT Menargetkan 65 Ribu Ekor Hewan Kurban

ACT.jpg
(Mala)

Laporan: FATMA KUMALA


RIAUONLINE, PEKANBARU - Menyambut datangnya hari raya Idul Adha 1438 H, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pekanbaru memperkenalkan program Indonesia Berqurban untuk wilayah Provinsi Riau. Program ini resmi dilaunching ACT Pekanbaru pada Kamis 19 Juli 2018 di Viz Cafe Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru.

Menurut Kepala Cabang ACT Pekanbaru Hotman Razali program ini merupakan salah satu kegiatan sosial ACT dengan cara membagikan daging kurban untuk masyarakat yang membutuhkan yang berada di daerah terpencil. Program ini serentak dilaunching di seluruh cabang ACT se-Indonesia.

“Daging ini akan fokus diberikan kepada daerah terpencil yang disana orang-orangnya jarang makan daging atau bahkan belum pernah makan daging. Memang tujuan program kami adalah membantu masyarakat yang membutuhkan dan membantu mereka yang kelaparan,” kata Hotman.

Disampaikan Hotman, program yang bertajuk "Indonesia Berqurban, Bangsa dan Dunia Menikmatinya" ini ditargetkan terkumpul hingga 65 ribu hewan kurban yang akan dibagikan ke 265 kabupaten di 34 provinsi di Indonesia dan tersebar di 45 negara di dunia. Angka yang cukup meningkat jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu sebanyak 21.400 ekor hewan kurban.

“Tahun lalu kami bisa mengumpulkan 21.400 hewan kurban dan sukses dibagikan kepada 3 juta penerima manfaat di 40 negara di dunia,” sebut Hotman.

Untuk Riau sendiri, Hotman mengaku tidak menargetkan angka untuk hewan kurban. Namun, ia menargetkan masyarakat 12 kabupaten/kota di Riau akan mendapatkan penyaluran hewan kurban dari program Indonesia Berqurban.

“Semua daerah di Riau nanti akan kami distribusikan. Pekanbaru sendiri ada dua titik pendistribusiannya nanti, yakni di Kulim dan Suka Karya,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Hotman mengajak masyarakat Riau untuk berkurban melalui program Indonesia Berqurban ACT. Selain harga lebih murah, ACT menjamin bahwa kualitas hewan kurbannya terjaga. ACT juga memiliki kriteria hewan yang layak untuk dikurbankan.

“Harga yang kami tawarkan lebih terjangkau di angka Rp1,7 juta. Hewan kurban tersebut misalnya sapi harus memiliki berat 20 kilogram dan sudah dicek kesehatannya,” jelasnya.

Bagi yang ingin ikut dalam program ini bisa langsung melalui situs jual beli online atau juga bisa melakukan pembayaran di Carefour, Alfamart dan juga Giant.

"Atau bisa langsung datang ke kantor kita di Jalan HR Soebrantas tepatnya di depan Toko Masrum Mebel. Cukup hanya dengan membayar Rp1.700.000 sudah bisa ikut berqurban di ACT," tutup Hotman.