113 Tahun Hilang, Kapal Perang Rusia Pembawa 200 Ton Emas Ditemukan

Kapal-perang-Dmitri-Donskoi.jpg
The Sun
Kapal perang Rusia bernama Dmitri Donskoi tenggelam dalam pertempuran di laut

RIAUONLINE - Misteri hilangnya kapal perang Rusia bernama Dmitrii Donskoi yang tenggelam sekitar 113 tahun yang lalu, akhirnya terkuak.

Kapal yang tenggelam dalam pertempuran di laut ini ditemukan di perairan Korea Selatan (Korsel). Penemuan dilakukan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam tim pencari harta karun asal Korsel bernama Shinil Group.

Mereka telah mencari reruntuhan kapal ini selama beberapa tahun dan akhirnya menemukan lokasi kapal itu pada Sabtu, 14 juli 2018.

Kapal itu tenggelam di kedalaman 434 meter sekitar 1,6 kilometer dari pantai Pulau Ulluengdo. Tim pencari memastikan reruntuhan kapal itu adalah Dmitrii Donskoi karena bentuk layar dan tiang-tiangnya sama dengan kapal yang hilang.

Saat tenggelam, Dmitrii Donskoi diklaim membawa sejumlah besar emas dalam bentuk batangan dan koin. Jika dikonversikan saat ini, nilainya ditaksir mencapai US$ 113 miliar atau setara Rp 1.604 triliun.


Emas yang diperkirakan seberat 200 ton tersebut, merupakan pasokan emas untuk kebutuhan perang Soviet.

Menurut catatan sejarah, kapal itu ditinggalkan di perairan Pulau Ulluengdo pada 1905, agar tidak jatuh ke tangan Jepang menyusul pertempuran Tsushima dalam Perang Rusia-Jepang saat itu.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id