Esok, Hasil Rekapitulasi Suara di KPU Riau Dapat Dilihat

Ketua-KPU-Riau-Nurhamin-2.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menyatakan bahwa hasil Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018 sudah bisa terlihat pada esok hari, Kamis, 28 Juni 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Riau Nurhamin, dikatakannya KPU mempunyai aplikasi yang dinamakan Situng (Sistem Informasi Perhitungan Suara).

"Selain dari quick count yang dilakukan oleh kawan-kawan dari lembaga survei, KPU juga mempunyai real count berbasis scan form C1 atau surat suara," ungkap Nurhamin, Rabu, 27 Juni 2018.

Dikatakan Nurhamin, Perhitungan sudah dimulai sejak pukul 14.00 WIB hari ini, dan diperkirakan akan selesai pada esok hari, karena pengerjaan ini akan memakan waktu sekitar 1x24 jam.

"Perhitungannya telah dimulai pukul 14.00 WIB oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara berjenjang, hingga tingkat KPU kabupaten/kota,"tambahnya.

Meskipun begitu, KPU akan tetap merujuk kepada hasil rapat pleno pada 7 Juli nanti guna menentukan pemenang Pilgubri 2018 ini.

"Untuk hasil akhirnya, akan ada rapat pleno KPU Riau, yang kita laksanakan pada 7 Juli 2018 nanti. Hitungannya akan bertahap, mulai dari pleno PPK, KPU kabupaten/kota, baru nanti pleno KPU Riau pada 7 Juli 2018. Real count KPU itu untuk lebih meyakinkan saja," jelasnya.