Festival Bakar Tongkang 2018 Ditargetkan Angkat PDB Nasional

Kepala-Dinas-Pariwisata-Riau-Fahmizal-Usman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pariwisata Riau menargetkan dari agenda tahunan Bakar Tongkang 2018 akan lebih mampu mengangkat sumbangan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional yang diberikan oleh Bumi Lancang Kuning.

Pasalnya di tahun lalu, Pariwisata Riau mampu memberikan PDB sebesar Rp4,2 triliun. Dimana yang terbesar diberikan oleh festival Bakar Tongkang.

"Harapan kita di tahun ini tentu Bakar Tongkang yang puncaknya tanggal 30 itu semakin memberikan kontribusi besar dan daya dorong dari tahun kemarin," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman, di kantor Gubernur Riau, Selasa, 26 Juni 2018.

Tambahnya, dari destinasi wisata Bakar Tongkang tahun lalu, akan mampu menyedot 52 ribu wisatawan dimana angka 22 ribu lainnya dihasilkan dari wisatawan mancanegara.

"Jika kita hitung-hitung yang 22 ribu itu sudah berapa uang yang beredar di Bagansiapiapi? Kalikan saja passenger exit capasity itu yang saat ini di angka 704 dolar AS. Dikalikan dengan kurs saat ini Rp 13.400," ucapnya.

Tambahnya, naiknya PDB Pariwisata Riau juga didukung oleh semakin lancarnya sarana transportasi untuk sampai menuju kelokasi.

"Saya sudah bertemu dengan pihak Angkasa Pura II. Semua penerbangan lancar. Kita juga sudah memiliki penambahan penerbangan dari scoot air, Singapura. Belum lagi Malaka dan Malaysia. Juga dari Kualanamu, Sumatera Utara dimana itu semua merupakan jalur utama kita," tegasnya.

"Jadi untuk pariwisata itu sebenarnya nggak susah-susah. Pertama tingkat kunjungan dan satu lagi, lama tinggal. Kalau mau hitung pergerakan ekonomi dari situ," tutupnya.