Dewan Imbau Warga Pekanbaru Tak Terkecoh Gepeng Musiman

ILUSTRASI-PENGEMIS.jpg
(INTERNET)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki Ramadan, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sondia Warman mengimbau kepada masyarakat Kota Pekanbaru agar tidak memberikan sedekah kepada gelandang dan pengemis (Gepeng) musiman di kota Pekanbaru.

"Kita minta masyarakat agar tidak memberi sedekah kepada gepeng ini, ini mereka kan musiman, nanti habis lebaran mereka hilang lagi, saya rasa ada yang menggerakkannya," ungkap Politisi PAN ini, Kamis, 17 Mei 2018.

Diakui Sondia, Gepeng musiman ini juga banyak yang didatangkan dari luar kota bahkan dari luar Provinsi Riau, sehingga ini menjadi perhatian khusus kepada semua pihak.

Gepeng, lanjut Sondia, selain menganggu ketertiban umum, menurutnya juga menganggu keindahan kota sehingga sudah harus dilakukan penertiban oleh dinas-dinas terkait.

Ditambah lagi, gepeng-gepeng yang berkeliaran masih banyak yang kondisi fisiknya masih kuat untuk bekerja, namun lebih memilih untuk meminta-minta.

"Kita juga punya Perda agar tidak memberi sedekah kepada gepeng. Dinas Sosial harus bergerak juga dengan perannya, saya rasa mereka cukup paham keadaan itu, tinggal actionnya saja," jelas Sondia.

Apalagi, kata Sondia saat ini Pekanbaru dalam suasana yang kurang kondusif sehingga kehati-hatian terhadap Gepeng musiman ini juga harus ditingkatkan.

"Situasi keamanan lagi tidak kondusif, mungkin saja mereka bagian dari itu, bisa saja seperti itu kan," tuturnya.

Lebih lanjut, untuk masyarakat Kota Pekanbaru yang ingin bersedekah bisa berbagi rezekinya lewat amil-amil zakat yang ada di Kota Pekanbaru sehingga bantuan itu bisa tepat sasaran.

"Kalau ingin memberi sedekah, kan ada Amil Zakat Itu lebih jelas dan tepat sasaran," ulasnya.