Bakal Ada Sosialisasi RTRW ke Masyarakat, Jangan Dilewatkan!

RTRW1.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengimbau kepada masyarakat, para pengusaha sampai pemerintah daerah agar tidak melewatkan sosialisasi penerapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang akan diterapkan.

Imbauan ini dilakukan, terangnya, karena RTRW Riau sudah diundangkan dan dilanjutkan dengan upaya sosialisasi hingga ke daerah-daerah agar nantinya dapat diterapkan di seluruh wilayah Riau.

"Itu (RTRW) sudah diungang-undangkan pada tanggal 8 Mei silam dan itu telah sah. Sekarang yang perlu diperhatikan bagaimana untuk men-dissemination (kb. 1 penyebaran informasi. 2 penebaran, pertebaran, penaburan) ini ke masyarakat," katanya di halaman Kejati Riau, Jumat, 11 Mei 2018.

Klik Juga Harmonisasi Selesai, RTRW Segera Diundangkan

Menurutnya, upaya itu perlu dilakukan terutama kepada pelaku usaha serta pemanfaatannya. Ini semata-mata bertujuan demi untuk pembangunan terutama yang berada di kabupaten dan kota di Riau.

"Juga yang telah habis tata ruangnya agar dapat menjabarkan dalam tata ruang wilayah di kota maupun kabupaten. Rincikan tugas secara detail," imbuhnya.

"Tetapi pada prinsipnya di lokasi pembangunan PSN ataupun bukan pada area tata ruang itu dapat disebutkan dalam perencanaan agar bisa dimanfaatkan," jelasnya.

Baca Juga Gara-Gara Ini Riau Tak Kunjung Terapkan RTRW

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau masih terkendala pada dua tahapan sehingga belum dapat diterapkan.

Tahap pertama ada pada penyelarasan antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau bersama dengan Pemprov Riau kemudian dilanjutkan dengan diundang-undangkannya RTRW tersebut.

"Agar dapat dipergunakan, RTRW kita tinggal dua tahapan lagi. Harmonisasi dengan DPRD Riau dan pengundang-undangan," katanya di kantor Gubernur Riau, Senin, 30 April 2018.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id