Guru Istri Pejabat Enggan Pindah, Dewan: Dinas Jangan Takut

Komisi-V-Husaimi-Hamidi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi V DPRD Riau membidangi pendidikan meminta Dinas Pendidikan agar tidak takut memindahkan tenaga didik yang bertumpuk di suatu daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota komisi V Husaimi Hamidi. Menurutnya, masih banyak guru yang enggan dipindahkan dengan berbagai alasan.

"Jangan takut pindahkan guru, mentang-mentang dia istri pejabat, yang seperti itu banyak saya temukan," ujar Legislator Dapil Rokan Hilir ini, Kamis, 3 Mei 2018.

Kalau hal seperti ini terus terjadi kata Husaimi, akan berdampak pada penurunan mutu pendidikan di suatu daerah, apalagi di daerah pedalaman.

"Di pedesaan itu rata-rata tenaga didiknya hanya guru honor yang digaji sangat kecil sekali, berkisar antara 300-350 ribu, kalau mereka berhenti jadi guru, berhenti juga lah murid-murid di sana belajar," jelas Politisi PPP ini.

Selain itu, Disdik juga harus memberi pembekalan pembelajaran komputer kepada murid-murid di daerah sana, karena masih banyak mereka yang tidak pernah memakai komputer.

"Di daerah saya itu, malah masih ada yang tidak ada komputernya, gimana mau pasang komputer, listrik saja belum masuk," tegasnya.

Sehingga, dampaknya murid-murid SMA yang mengikuti Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) mengalami penurunan nilai.