Terkait Penangkapan Narkoba di Bandara, Dewan: Pengamanan di Riau Lemah

Pelaku-dan-Barang-bukti-sabu.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu mengingatkan pihak terkait mengenai banyaknya penangkapan Narkoba di Bandara SSQ II Pekanbaru, sejak beberapa bulan terakhir.

Kordias menduga pengamanan Riau terkait Narkoba tergolong lemah, karena banyak yang memanfaatkan jalur Riau dalam mengedarkan barang haram ini.

"Kalau misalnya dari aceh menuju Bandung dia lewat Pekanbaru, berarti pengamanan di Riau ini terindikasi lemah, soalnya kan dari Medan bisa juga ke Bandung, kenapa dia pilih lewat Pekanbaru ?" ungkap Kordias mempertanyakan, Jumat, 30 Maret 2018.

Selain itu, Kordias juga menduga ada oknum yang bermain di Riau terkait begitu banyaknya peredaran Narkoba di Riau ini.

"Tidak menutup kemungkinan juga ada oknum yang 'main mata' dengan sindikat ini, makanya mereka mudah saja bisa masuk ke Riau ini," tambahnya.

Hal ini, lanjut Kordias, harus menjadi perhatian seluruh pihak terkait, apalagi adanya dugaan pengendalian dari luar negeri.

"Kalau sudah level internasional begini, berarti ini warning," tegasnya.

Diakui Kordias, Riau memang berpotensi sebagai jalur distribusi, apalagi beberapa minggu lalu ada penangkapan Narkoba ber ton-ton di Kepri.

"Itu kan tidak menutup kemungkinan mereka lewat Riau. Riau ini kan bisa lewat laut, darat dan udara, pulau-pulaunya banyak pula, sementara personel kita terbatas untuk mengawasi seluruh jalur itu," katanya.

Untuk itu, Kordias meminta keseriusan pihak pengamanan dalam mengantisipasi peredaran Narkoba di Riau ini, kalau merasa butuh bantuan segera koordinasi dengan pusat.

"Ini ancaman serius, harus diselidiki sedalam-dalamnya, mungkin saja mereka ini sindikat yang sudah tersistematis, mereka kirim sepuluh orang, tertangkap satu dan lolos sembilan, kan tidak menuntup kemungkinan seperti itu," tutupnya.(2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id