IGI Kampar Gelar TOT SAGUSAKUPAT Tingkat Nasional

TOT-Kampar.jpg
(*2)

RIAU ONLINE, BANGKINANG - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Kampar menggelar Training Of Trainer (TOT) untuk pelatihan Menulis Satu Guru Satu Buku Paket (SAGUSAKUPAT) tingkat Nasional yang dibuka Jumat 30 Maret 2018 di Bangkinang Baru Hotel.

Ketua Panitia Pelaksana TOT SAGUSAKUPAT Kabupaten Kampar, Neldawati, M.Pd yang ditemui usai pembukaan pelatihan mengakui animo guru sangat tinggi mengikuti kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut.

"Animo para guru sangat tinggi, baik di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dan secara Nasional pesertanya juga berasaL dari Provinsi lain dan bahkan 1 orang dari Negara tetangga Malaysia turut mengikuti kegiatan ini dengan jumlah Pesrta lebih kurang 125 orang peserta," terang Neldawati d

Ia berharap dengan kegiatan pelatihan TOT SAGUSAKUPAT ini dapat memberikan motivasi kepada para guru di Kabupaten Kampar untuk menjadi tenaga pengajar yang handal dan profesiional dalam mendidik dan membentuk karakter siswanya sendiri.

Menurut Nelda, kegiatan ini dilatarbelakangi untuk peningkatan proses belajar mengajar, dimana bagi setiap siswa wajib memiliki buku paket sebagai panduan dan acuan dalam proses belajar mengajar.

"Untuk mencapai sasaran yang akan dicapai oleh para pengajar atau guru, sebaiknya guru mampu menulis buku paket sendiri yang disesuaikan dengan karakter siswa dan daerah masing-masing," paparnya.

Kegiatan ini lanjut Nelda, bertujuan agar tercapainya tenaga Pendidik yang memiliki Kemampuan dalam pengembangan dan pembuatan buku paket sesuai dengan karakter daerah masing-masing serta memfasilitasi para pendidik dan tenaga pendidik untuk meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan bahan ajar khususnya buku Pekat dan membantu pengembangan karier guru itu sendiri.

“Target yang yang akan dicapai dalam pelatihan ini adalah agar guru-guru di Indonesia mampu membuat buku paket sesuai dengan karakter daerahnya masing-masing, berinovasi dalam mengembangkan bahan ajar untuk peningkatan kompetensi professional Guru," jelas Nelda.

Sebagai Pemateri dalam pelatihan ini diantaranya, Drs. Hasim, MM dari Founder Kanal SAGUSAKUPAT Ikatan Guru Indonesia, Pelatih IGI Nasional dari Penerbit IKAPI Rina Sugiarti, M.Pd, Penggerak Literasi Provinsi Riau yang juga sebagai ketua IGI Kabupaten Kampar Neldawati, M.Pd, Penggerak Literasi Kabupaten Kampar Bambang Irawan, S.Pd.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar, Drs Santoso, M.Pd dalam arahannya sekaligus membuka kegiatan TOT SAGUSAKUPAT ini memberikan apresiasi kepada Panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Karena kegiatan ini selain sebagai upaya peningkatan profesionalitas tenaga pengajar juga telah membantu program pemerintah dibidang pendidikan dalam membentuk karakter anak dididik disekolah.

“Apresiasi saya buat Panitia dan Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Kampar yang telah menyelenggarakan Kegiatan ini dan kami pemerintah Kabupaten Kampar terutama Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga sangat terbantu dengan kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kopetensi Guru-guru khususnya di Kabupaten Kampar,” ujarnya.

Kadisdik berharap para guru dapat mengikuti acara dengan serius karena materi yang disampaikan para narasumber sangat bermanfaat bagi pengembangan dan kompetensi guru.

"Kompetensi Guru di Kabupaten Kampar hingga saat ini masih tergolong rendah. Hal ini dapat dibuktikan pada Uji kompetensi Guru (UKG) dimana satu gugus yang terdiri dari 20 orang, yang hanya lulus UKG hanyalah 1 s/d 5 orang saja. Inilah yang memprihatinkan kita saat," akuinya.(*/2)