Ingin Tahu Proses Pilgubri, Kedubes Australia Sambangi KPU Riau

Dubes-Australis-ke-KPU-Riau.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan : HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka mengetahui tahapan-tahapan dalam proses pemilihan gubernur (Pilgub) di Provinsi Riau tahun 2018, Kedutaan besar Australia mengunjungi kantor KPU Riau, Senin 19 Maret 2018.

Kunjungan ini diterima oleh empat komisioner KPU Provinsi Riau yaitu, Nurhamin (ketua), Ilham (anggota), Abdul Hamid (anggota) dan Sri Rukmini (anggota).

Dalam penjelasannya, ketua KPU Riau Nurhamin menyebutkan bahwa proses tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau saat ini adalah kampanye.

"KPU saat ini sedang memfasilitasi pemasangan alat peraga kampanye (APK) dalam bentuk baliho, umbul-umbul dan spanduk. Selain itu juga bahan kampanye (BK)," ungkapnya di hadapan Sekretaris II Bidang Politik Kedubes Australia di Jakarta didampingi staf kedutaan, Grace Maria, Senin, 19 Maret 2019.

Dikatakan Nurhamin, semua baliho dan bahan kampanye lainnya itu dibiayai dan difasilitasi oleh KPU dari anggaran hibah daerah.

Sementara itu, Boyd Whalan menyampaikan, bahwa pemerintah Australia ingin melihat dari dekat proses pemilihan kepala daerah di luar Jawa. Karena selama ini yang mereka saksikan lebih banyak di Jawa, terutama di Jakarta kemarin.

"Kami ingin melihat juga bagaimana pelaksanaannya di daerah, dan kami senang bisa berkunjung ke KPU Provinsi Riau. Semua informasi diberikan dan dijelaskan kepada kami,” tutupnya.

Kunjungan kerja ini merupakan rangkaian dari kunjungan Kedutaan Besar Australia ke beberapa daerah, terutama 17 provinsi yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah tahun 2018. (1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id