Aktual, Independen dan Terpercaya


Danrem Patroli Udara, Pantau Hotspot di Riau

Danrem-ikut-Patroli-Udara.jpg
(Istimewa)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Danrem 031/WB Kolonel Inf Sonny Aprianto SE MM bersama Kalaksa BPBD Riau, Edward Sanger ikut melaksanakan Patroli udara ke wilayah yang terpantau hot spot satelit guna mengantisipasi terjadinya Karhutla, Senin 5 Maret 2018 pagi tadi.

Patroli ini dilaksanakan di beberapa wilayah, yaitu Kabupaten Rohul, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai.

"Kita siapkan kekuatan personil dan materil dalam rangka mencegah terjadinya Karhutla, tentunya kita terlebih dahulu mengetahui wilayah yang rawan akan terjadinya Karhutla baik itu yang terjadi karena kelalaian oknum maupun karena faktor alam," ujar Danrem.

Langkah ini, lanjutnya perlu kita perhitungkan dengan tepat agar apabila terjadi Karhutla di suatu wilayah, kita sudah dapat mengerahkan kekuatan untuk mengatasinya.

Selain itu, dalam Patroli udara ini merupakan langkah pencegahan yang kita laksanakan dalam pencegahan terjadinya Karhutla di Provinsi Riau.

Dalam patroli udara tersebut Danrem 031/WB dan rombongan menyempatkan diri mendarat di Desa Bukit Intan Makmur, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Robul. Sekaligus untuk meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat kunjungan kerja Presiden RI.

Kunjungan ini disambut oleh Bupati Rohul Sukiman dan Dandim 0313/KPR. Peninjauan tersebut meliputi Lokasi Replanting Kebun Sawit Milik PTPN V yang di kerjakan bersama masyarakat dengan sistim bapak angkat serta peninjauan lokasi padat karya di pemukiman masyarakat berupa pembangunan gorong-gorong dan jalan.

Setelah mengecek lokasi rencana kunjungan Presiden RI, Danrem 031/WB melanjutkan Patroli udara meniju daerah Kota Dumai. Kesempatan ini di gunakan oleh Danrem 031/WB untuk meninjau Posko Siaga Darurat Bencana Karhutla di kota dumai yang di hadiri oleh Walikota Dumai, Dandim 0320/Dumai letkol Inf Hiras sitinjak, Ka BPBD kota Dumai serta Tim Satgas Karhutla kota Dumai.

"Indonesia tahun ini akan melaksanakan perhelatan olahraga tingkat ASEAN, oleh sebab itu kita jangan memberikan kontribusi asap kepada para tamu olahraga yang akan bertanding di negara kita. Tentunya nama baik Bangsa Indonesia menhadi pertaruhaannya. Untuk itu sedapat mungkin bersama-sama kita cegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ujar Danrem 031/WB.

Dalam kesempatan itu, Danrem juga mengunjungi dan melihat kesiapan alat dan perlengkapan Posko Satgas Siaga Darurat Bencana Kabut Asap Kota Dumai di depan Kantor BPBD Kota Dumai.

Danrem 031/WB juga mengharapkan tindakan hukum terhadap pelaku pembakaran dapat ditegakkan dengan baik. Serta seluruh pasukan yang ada di wilayah kerja Kodim 0320/Dumai untuk terus bekerja keras dengan instansi terkait dalam menanggulangi Karlahut dan bencana kabut asap. Serta terus laksanakan patroli dan sosialisasi.

Diharapkan kerjasama dari masyarakat, agar bisa turut melaporkan dan mengawasi apabila melihat dan menemukan pelaku pembakaran. (1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id