Polda Riau Turut Terlibat Selidiki Karhutla Meranti

Pemadaman-Kebakaran-Lahan.jpg
(TIMSATGAS KARHUTLA FOR RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau menyatakan turut melibatkan diri dalam menyelidiki kebakaran lahan gambut di Kepulauan Meranti.

Tim tersebut dikirim untuk membantu proses penyidikan kebakaran lahan gambut yang berdasarkan data Satgas mencapai lebih dari 230 hektare di Desa Lukun, Pulau Tebing Tinggi.

"Tim kita turunkan untuk membantu penyelidikan yang sekarang dilakukan Polres Meranti," kata Direktur Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Arif Gidion Setiawan di Pekanbaru, Jumat.

Dia menuturkan, penyidik gabungan kepolisian akan menyelidiki asal atau sumber kebakaran yang menghanguskan hamparan gambut di pesisir Riau tersebut.

Penyidikan lahan yang terbakar di daerah itu juga untuk mendalami asal kebakaran, karena tidak hanya milik masyarakat, kebakaran juga melanda lahan perusahaan PT Nasional Sagu Prima.

Polda Riau sejauh ini telah menetapkan empat tersangka dari 15 kasus kebakaran lahan dan hutan. Para tersangka yang seluruhnya perseorangan atau petani hortikultura itu ditangkap jajaran Polres Dumai, Rokan Hulu dan Pelalawan.

Sementara, Polres Meranti hingga kini belum bisa mengungkap pelaku pembakar lahan di Desa Lukun. Padahal, wilayah Meranti merupakan wilayah terparah mengalami kebakaran dibanding tiga Polres diatas.

"Untuk itu kita turunkan tim guna memperkuat penyelidikan, termasuk lahan perusahaan itu," ujarnya. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id