LAM Butuh Waktu Lama, Putuskan Pemberian Gelar Adat untuk UAS

Pengurus-LAM-Riau.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Salah satu tim yang ditunjuk LAM Riau untuk memastikan apakah Ustad Abdul Somad pantas diberikan gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara, Taufik Ikram Jamil mengatakan bahwa pemberian gelar adat ini tidaklah instan.

Apa lagi disebut-sebut, pemberian gelar adat ini karena kepopuleran dai kondang yang lebih dikenal lewat ceramahnya di Youtube tersebut.

Baca juga:

LAM Riau Siapkan Gelar Adat Untuk UAS

Gelar Adat Untuk UAS Disebut Spesial, Ini Penjelasan LAM Riau

"Pemberian gelar adat ini bukan hari ini kita pikirkan. Tetapi memakan waktu lama," ungkapnya di LAM Riau, Rabu, 31 Januari 2018.

UAS harus lolos dalam kriteria yang ditetapkan oleh LAM Riau, diantaranya memiliki kepedulian dan keberpihakan terhadap pelestarian harkat, martabat, adat budaya dan masyarakat adat Melayu, Riau.

Setelah tim dibentuk kemudian mereka meneliti, mengkaji keabsahan dan kelayakan calon penerima gelar.

"Kita sebenarnya punya 10 usulan nama. Kemudian mengerucut menjadi tiga orang. Akhirnya kita sepakat bahwa UAS lah yang untuk saat ini yang pantas mendapatkan gelar," imbuhnya.

Setelah tim memutuskan dilanjutkan ke proses peminangan. Dimana dilakukan pada tanggal 27 Januari 2018 bertempat di kediaman UAS di Jalan Sukakarya, Panam.

"Saat kami mendatangi kediamannya, beliau seakan-akan merasa tidak percaya dan terharu. Nah tanggal pemberian gelar yang jatuh pada 20 Februari 2018 itu juga atas kehendak beliau karena padatnya jadwalnya," jelasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, ketua MKA LAM Riau, Al Azhar menuturkan bahwa pemberian gelar adat ini sudah dipikirkan mereka sejak dua bulan yang lalu.

Setelah UAS menerima gelar adat tersebut, Al Azhar menegaskan bahwa LAM Riau kini berada di belakangnya. Memberikan perlindungan termasuk memberikan perlindungan hukum. (1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id