Aktual, Independen dan Terpercaya
ÔĽŅ

Rombak 21 Pejabat Fungsional, Gubri: Tak Masuk Struktur Organisasi, Tapi Mereka Penting

Plt-Gubernur-Riau-Arsyadjuliandi-Rachman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/RIZKI KURNIAWAN)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) baru saja merombak ratusan pejabat di lingkungan Pemprov Riau. Diantara ratusan posisi tersebut, terdapat 21 jabatan fungsional yang bertugas melakukan pengawasan penyelenggara pemerintahan.

Menurut orang yang kini maju dalam bursa bakal calon Gubernur Riau periode 2019-2024 ini, jabatan ini merupakan sebuah jabatan teknis yang tidak ada dalam struktur organisasi namun tetap diperlukan kehadirannya.

"Fungsional ini merupakan jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi namun diperlukan dalam tugas pokok organisasi Pemerintah," ungkapnya usai melantik pejabat baru di Gedung Daerah, awal pekan ini.

Selain itu, bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) jabatan ini dapat dibagi menjadi jabatan fungsional keahlian serta keterampilan yang sudah dilakukan penetapan melalui mekanisme tertentu.

"Dalam mengisi seluruh jabatan administrator pengawas tersebut telah melalui mekanisme pengukuhan dan job fit dengan pertimbangan kompetensi, kualifikasi pendidikan serta peningkatan kualitas kelembagaan dan memenuhi kreteria administrasi kepegawaian yang telah ditentukan," jalasnya.

Selain merombak jabatan fungisional, Andi Rachman juga merotasi jabatan lainnya dalam bentuk Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Provinsi Riau. Berjumlah sekitar 102 unit dari cabang Dinas hasil implementasi peraturan dalam negeri nomor 12 tahun 2017 yang berakibat 34 UPT yang lainnya berguguran.

"Data yang saya dapatkan terdapat kekosongan administrator sebanyak 12 kursi dengan rincian 9 orang pensiun, 1 terkena kasus pidana dan 2 sakit yang bersifat menghambat aktifitas pekerjaan," jelasnya.

Juga ada perombakan terhadap jabatan pengamat yang terdiri dari 22 jabatan kosong, dengan rincian 13 pensiun, 2 terlibat kasus pidana, 1 orang sakit , 3 orang diangkat jabatang fungsional tertentu, 1 orang mengundurkan diri, 1 meninggal dunia dan adanya 1 jabatan kosong akibat adanya peleburan UPT. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id