Aktual, Independen dan Terpercaya


Ciptakan Pemilu yang Adil. Bawaslu Kawal Langsung Pendaftaran Cagubri

Ketua-Bawaslu-Riau-Rusidi-Rusdan.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan : Hasbullah Tanjung

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Demi menciptakan kondisi Pemilu yang adil, Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Provinsi Riau akan turun langsung mengawal proses pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada tanggal 8 - 10 januari 2018.

Hal ini disampaikan langsung Ketua Bawaslu, Rusidi Rusdan. Ia juga menyebutkan, proses pengawalan akan dilakukan langsung oleh anggota Bawaslu Riau.

"Bawaslu akan melakukan pengawasan melekat, yaitu hadir langsung di gedung KPU Riau," ujarnya dihubungi RIAU ONLINE, Rabu, 3 Januari 2018

Ditambahkannya, tujuan dari pengawalan ini untuk memastikan kepatuhan penyelenggara dan bakal calon dalam melakukan pendaftaran sesuai dengan peraturan di perundang-undangan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa titik rawan pengawasan oleh Bawaslu adalah kelengkapan persyaratan para kandidat calon dan juga waktu pendaftaran calon.

"Kita fokus kepada titik-titik rawan, seperti kelengkapan persyaratan bakal calon dan waktu pendaftaran (jam buka dan tutup)," tambahnya.

Sementara itu, untuk penanganan pelanggaran yang kemungkinan akan terjadi, Bawaslu akan memberikan rekomendasi agar segera dilakukan perubahan.

"Kita lihat dulu pelanggarannya seperti apa di tahapan pencalonan ini. Jikapun ada pelanggaran, biasanya hanya berupa pelanggaran administrasi, maka kita akan rekomendasikan untuk dilakukan perbaikan sebagaimana yang seharusnya," tutupnya.(2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id