BPBD Riau: Dari 16 Pendaki Gunung Merapi Asal Pekanbaru, 3 Orang Sudah Turun

Gunung-Marapi-Meletus.jpg
(BNPB/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, menyebutkan 16 orang pendaki asal Pekanbaru yang mendaki ke Gunung Marapi, di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, 3 orang sudah turun. Saat ini sudah berada di Posko Merapi, Senin, 5 Juni 2017.

Menurut Edwar, salah seorang pendaki yang telah menghubungi 13 rekannya, diketahui 5 orang masih berada di Cadas Gunung Merapi dan 8 orang tersesat di dalam hutan.

"Menurut keterangan salah satu rombongan pendaki dari Pekanbaru yang telah turun, Dwi, menyampaikan bahwa telah menghubungi 13 Rekannya tersebut via handphone bahwa 5 orang masih di Cadas Gunung Merapi dan 8 orang tersesat di dalam Hutan," kata Edwar.

Sementara, 8 pendaki yang masih berada di dalam hutan adalah Agus (24), Sarul (17), Yusuf (22), Nanda (23), Rahmat (23), Rolen (17), Herman (40) dan Abdul (24).

Baca Juga: 16 Pegawai Karaoke Keluarga Asal Pekanbaru Tersesat Saat Gunung Marapi Meletus di Sumbar

"Mereka dalam keadaan lemas karena tidak ada air. Sarul dan Herman mengalami cedera. Saat ini nomor yang masih aktif adalah nomor handphone 081372941104 milik Abdul," ungkap Edwar.

Sedangkan, 5 pendaki yang masih berada di Cadas adalah Robi (23), Tander (24), Irwandi (24), Agus (24), dan Jondri (24).

Untuk melakukan pencarian pendaki pasca letusan Gunung Merapi, pihak terkait telah menerjunkan Tim SAR Gabungan yang terdiri dari KPA Tungku Tigo 37 orang, Basarnas 13 orang, Damkar dan Satpol PP Padang Panjang 6 orang, dan BPBSD Tanah Datar 5 orang.

"Tim yang berangkat malam Minggu pukul 00.45 WIB berjumlah 10 orang," katanya.

Selain itu juga diterjunkan Tim pencari gabungan dari Pariangan yang terdiri atas Basarnas 13 orang, BPBD Tanah Datar 5 orang, KPA Tungku Tigo Pariangan 37 orang, Damkar dan Satpol PP Padang Panjang 6 orang, PMI Tanah Datar 5 orang, Polres Tanah Datar 12 orang, dan Kodim 0307 Ranah Datar 10 orang.

Sebelumnya, Sebanyak 16 warga Pekanbaru, sempat tersesat saat Gunung Marapi, di Kabupaten Tanah Datar, meletus atau erupsi, Minggu pagi, 4 Juni 2017.

Berdasar dari BPBD Tanah Datar, Kepolisian setempat, para pendaki Gunung Merapi merupakan karyawan karaoke keluarga di Kota Pekanbaru.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline