SPS Persembahkan Integrity Award ke Gubri Atas Transparansi Pemprov Riau

Penghargaan-SPS.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk tetap bersih dan transparan ternyata mendapat perhatian yang cukup besar dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) cabang Riau. Untuk itu, hari ini, Selasa, 28 Maret 2017, SPS memberikan penghargaan Integrity Award atas dasar komitmen Pemprov Riau menjaga transparansi dan langsung diterima oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman

"Ada sejumlah kriteria yang menjadi pertimbangan sehingga SPS cabang Riau akhirnya memutuskan untuk memberikan penghargaan ini kepada Gubri," kata Ketua SPS cabang Riau H Zulmansyah Sekedang, Selasa, 28 Maret 2017.

Salah satu kriteria itu adalah transparansi Pemprov Riau terkait Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau yang kini dapat diakses dari manapun dan oleh siapapun melalui aplikasi "Jaga Riau".

Baca Juga: Gubri Optimis Pembangunan Riau 2017 Lancar Dengan Dampingan Kejati

"Puncaknya adalah saat Riau beberapa waktu lalu menjadi tuan rumah Hari Anti Korupsi Internasional. Ini menunjukkan bahwa Pemprov Riau sangat berkomitmen untuk menjadikan pemerintahan yang bersih dan transparan," katanya.

Harapannya dengan penghargaan ini ke depannya Riau semakin terus berkembang dan membenah diri sekaligus motivasi diri bagi Pemprov Riau untuk terus tetap konsisten dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan dalam membangun daerah.

"Kami juga merasa terhormat bisa menyampaikan secara langsung penghargaan ini kepada Pak Gubernur," tambah Zul yang didampingi secara lengkap oleh para pengurus SPS cabang Riau.

Untuk itu, Gubernur Riau mengucapkan terimakasih atas upaya SPS yang terus memantau perkembangan Pemprov Riau dan berharap terus mengawal roda pemerintahan Riau kini dan nanti. "Saya mengucapkan terima kasih. Ternyata SPS memikirkan masalah integritas ini," puji Andi Rachman sapaan akrab Gubernur Riau.

Klik Juga: Miris, Tuan Rumah HAKI, Riau Nihil Penghargaan Anti Korupsi

Pada kesempatan itu, Gubri menjelaskan berbagai langkah dan upaya yang telah dilakukan Pemprov Riau untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan. Di antarabya, penyusunan program atau kegiatan di lingkup Pemprov Riau yang sudah menggunakan aplikasi e-planing, sehingga tidak ada lagi pihak-pihak yang bisa mengintervensi atau memasukkan kegiatan di tengah jalan. Tidak ada lagi program/kegiatan titipan karena semua sudah dibahas secara baik sesuai kebutuhan dan aturan.

Pemprov Riau juga menjalin kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hingga kini, sudah 75 persen rencana aksi yang diinginkan KPK terlaksana dengan baik. "Tinggal 25 persen dan ini lebih banyak terkait dengan masalah regulasi," ungkap Andi.

Pada kesempatan itu, Ia juga mengajak SPS untuk bersama-sama membangun Riau, termasuk mempersilahkan SPS untuk menyampaikan jika ada usulan melalui Bappeda Provinsi Riau terkait kebutuhan anggaran kerjasama dengan media-media. "Karena tidak mungkin Pemprov sendiri mampu memenuhi semua keinginan masyarakat," katanya

Pertemuan diakhiri dengan foto bersama Gubernur Riau dengan para pengurus SPS cabang Riau.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline