Inilah 10 Masjid Termegah di Dunia, Masukkah Masjid di Indonesia?

Masjid-Nabawi-Madinah.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Masjid-masjid ini dibangun dengan arsitektur yang menakjubkan dipandang mata, berteknologi tinggi serta memiliki luas bangunan yang sangat luas, tinggi menara mencapai ratusan meter, hingga kelebihan lainnya. 

 

Sayangnya, dari 10 masjid itu, sama sekali tak ada masjid yang dibangun di Indonesia, seperti dilansir dari dw.com. Berikut masjid-masjid membanggakan itu: 

 

Masjidil Haram di Mekah

 

Masjidil Haram, Mekkah

 

Ini adalah masjid terbesar di dunia dengan luas 350 ribu meter persegi. Masjid tujuan utama ibadah haji ini dibangun pada abad ke-16 dan memiliki sembilan menara. Dari waktu ke waktu, masjid ini terus diperluas. Masjid al Haram kini bisa menampung hingga satu juta orang.

 

Masjid Nabawi di Madinah

 

Masjid Nabawi, Madinah

 

Setelah Masjid al-Haram di Mekah, masjid terpenting lainnya di dunia adalah Masjid Nabawi. Makam Nabi Muhammad dan para sahabatnya terdapat di sini. Batu pondasi diletakkan pada tahun 622. Masjid ini bisa menampung 600 ribu orang. Masing-masing menara tingginya sekitar 100 meter.

 

Masjidil Aqsa di Yerusalem

 

Masjid Al Aqsa

 

Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem dapat menampung 5000 orang. Bersama dengan Kubah Batu dengan kubah berlapis emas, masjid ini menjadi salah satu yang paling terkenal, setelah masjid Al-Haram di Mekah dan masjid Nabawi di Madinah. Masjid Al-Aqsa dibuka sejak tahun 717.

 

Masjid Hassan II di Casablanca

 

Masjid Hassan II Casablanca, Maroko

 

Masjid di pantai Atlantik ini dinamakan sesuai nama mantan Raja Maroko Hassan II. Masjid dibangun untuk memperingati ulang tahunnya ke-60 dan diresmikan tahun 1993. Sebenarnya ada masjid yang jauh lebih besar, tetapi rekor dunia yang dipegang masjid ini adalah ketinggian menaranya yang mencapai lebih dari 210 meter.

 

Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi

Masjid Syeikh Zayed, Abu Dhabi

 

Masjid ini dibuka pada tahun 2007 dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Masjid ini luasnya 224 x 174 meter, dengan menara setinggi lebih dari 107 meter. Kubah utamanya yang berdiameter 32 meter, merupakan kubah masjid terbesar di dunia.

 

Masjid Agung Roma

Masjid Agung Roma, Italia

 

Ibu kota Katolik Roma, memiliki sebuah masjid agung. Dengan luas 30.000 meter persegi, masjid ini menjadi yang terbesar di Eropa. Pusat Kebudayaan Islam Italia bermarkas di sini. Mereka menyediakan layanan budaya dan sosial bagi umat Islam Sunni dan Syiah. Bangunan suci ini diresmikan tahun 1995.

 

Masjid Akhmad Kadyrov di Grozny

Masjid Akhmad Kadyrov, Grozny

 

Masjid ini dinamai sesuai nama mantan Presiden Chechnya yang juga seorang Mufti dan wafat dalam serangan tahun 2004. Pembangunan masjid terganggu beberapa kali karena perang Chechnya. Masjid ini dibangun oleh perusahaan Turki dan dibuka tahun 2008. Karena sering gempa bumi di wilayah tersebut, masjid dibangun di atas pondasi tahan gempa.

 

Masjid Kul Sharif di Kazan

Masjid Kul Harif, Kazan

 

Nama masjid Kul Sharif mengingatkan pada Imam terakhir dari Kazan sebelum dicaplok Rusia. Masjid ini bertetangga dengan Katedral Annunciation. Keduanya menjadi simbol dari keharmonisan penduduk Muslim dan Ortodoks Tatarstan (wilayah otonom di Rusia). Setelah sembilan tahun dibangun, masjid ini dibuka tahun 2005,

 

Masjid Agung Moskow

Masjid Agung Moskow, Rusia

 

Di Moskow, ibukota Rusia terdapat salah satu masjid terbesar di Eropa, yang kembali diresmikan tahun 2015. Bangunan enam lantai ini luasnya hampir 20.000 meter persegi dan ruangannya bisa memuat 10.000 orang. Saat peresmian kembali oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin hadir presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan pemimpin Palestina, Mahmud Abbas.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline