BI Buka Penukaran Uang Untuk Lebaran

Penukaran-Uang-di-Bank-Indonesia.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTI DESI ARNI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bank Indonesia Wilayah Riau menyediakan Rp5,2 triliun untuk layanan penukaran uang Lebaran. Warga Pekanbaru sudah bisa menukarkan uangnya di Kantor Bank Indonesia Jalan Sudirman pada 14 Juni-4 Juli 2016.

 

Bank Indonesia Perwakilan Riau membuka layanan penukaran uang pecahan nominal mulai Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000 dan nominal kecil lainnya.

 

"Kami membuka layanan penukaran mulai hari Senin hingga Kamis dalam tiga pekan kedepan, di Pekanbaru," kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Ismet, Selasa (14/6/2016).

 

Bank Indonesia membuka stand layanan penukaran uang di beberapa kabupaten secara bergiliran. Pekan ini, Bank Indonesia membuka layanan penukaran uang di Dumai.

 

Sebelumnya layanan penukaran juga telah dilaksanakan di Tembilahan pada 6-10 Juni lalu. Pada 20-23 Juni juga diadakan di Pasir Pangaraian.

 

Untuk layanan penukaran, BI telah menyiapkan uang tunai mencapai Rp5,2 triliun. Nilai ini meningkat dibandingkan 2015 lalu dari dana yang disiapkan senilai Rp4,9 triliun dan realisasi penukaran senilai Rp4,3 triliun.

 

Sementara itu PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri juga mendukung layanan penukaran uang pecahan ini dengan meluncurkan layanan mobil Oto Banking.

 

Pemimpin Divisi Produk Dana dan Jasa Bank Riau Kepri Andi Mulya mengatakan ada 2 mobil Oto Banking yang disiapkan untuk melayani penukaran uang pecahan di Pekanbaru.

 

"Satu mobil akan bertugas di satu kecamatan selama dua hari, tepatnya di kantor camat setempat," katanya.


Untuk kebutuhan layanan ini, Bank Riau Kepri menyiapkan dana total Rp12 miliar atau Rp1 miliar untuk masing-masing kecamatan di satu lokasi penukaran.