Ini Empat Tips Menjual Foto Versi Barry Kusuma

fotografer.jpg
(INTERNET)

Penulis: Wilna Sari

 

PEKANBARU, RIAU ONLINE - Maraknya aplikasi jejaring sosial yang hadir di tengah telepon cerdas milik masyarakat, mengundang eksistensi para penggunanya untuk unjuk kemampuan dan kebolehan lewat akun yang mereka punya.

 

Hal tersebut diakui Barry Kusuma seorang fotografer perjalanan yang juga menjadi kontributor di Getty Images. Menurutnya, dewasa ini banyak generasi muda Indonesia khususnya yang senang mengunggah hasil jepretan mereka ke akun pribadi media sosial, tetapi masih sebatas eksistensi.

 

"Seperti facebook dan instagram. Ada teman saya yang suka upload hasil fotonya ke media sosial. Belakangan, tanpa disadari fotonya digunakan oleh orang lain tanpa izin. Padahal sebelumnya saya sudah menyarankan untuk disimpan saja dan kalau pun ingin upload ya diberi watermark," kata fotografer bertubuh tambun ini dalam penyampaian workshop fotografi di PT Capella Dinamik Nusantara, kemarin. (KLIK: DJP Riau Targetkan Penerimaan Pajak 2016 Sebesar Rp26,34 Triliun)

 

Baginya tidak sedikit anak muda yang baru kenal kamera mengatakan dirinya pemula dan bukan fotografer profesional dengan menilai hasil foto tersebut masih biasa.

 

"Karena itu mereka senang upload hasil jepretannya sampai tidak tahu kalau fotonya sewaktu waktu dicuri pihak yang tidak meminta izin tanpa memberi credit titlenya," katanya.

 

Untuk itu, Barry mengarahkan generasi muda Indonesia untuk lebih kreatif dan memberi kualitas pada karya fotonya agar bisa menghasilkan nilai tambah, seperti eksistensi yang diakui nasional maupun internasional dengan menjual foto. (BACA: Digugat Soal Asap, Jokowi Tak Mau Minta Maaf ke Warga Riau)

 

"Tentunya foto yang saya jual ditawarkan pada pihak yang bertanggung jawab, seperti di Getty Images salah satu agensi stok foto yang dimiliki Amerika," katanya.

 

Ada empat hal yang dia lakukan ketika menjual foto, di antaranya menjual foto di agensi luar negeri, seperti Corbis dan Getty Images. Kemudian, menjual foto di dalam negeri dengan membuat website dan sistem penjualan yang cepat. (LIHAT: Hasil Penelitian, PR Tak Baik Diberikan ke Murid SD)

 

"Keuntungan yang kita dapat kalau jual foto di Corbis atau Getty Images ini, foto secara otomatis sudah langsung dihubungkan ke google dan meski sudah dibeli, foto yang dibeli tetap dicantumkan credit title fotografernya dan untuk satu foto bisa dihargai USD150," katanya.

 

Selanjutnya, dia menjual foto pada media placement di sosial media (endorsement, influencer, content maker,dll) dan terakhir menjual video footage.