Heboh, Pohon Kurma Masjid Agung An-Nur Pekanbaru Berbuah

Kurma-Annur.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

 

Laporan : Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pohon kurma yang tumbuh di lingkungan Masjid Agung An-Nur Pekanbaru saat ini tengah menjadi perbincangan masyarakat sekitar. Pasalnya, pohon kurma yang tumbuh subur itu berbuah.

 

Pohon kurma yang tingginya hanya 2,5 meter ini berbuah seukuran biji kopi dengan warna kuning dan hijau. Jumlah buah kurma tersebut sekitar 200 biji.

 

Mahmud Arifin, yang biasa merawat pekarangan masjid mengatakan awalnya pohon kurma tersebut hanya dijadikan sebagai hiasan atau projek landskip bukan untuk dikonsumsi buahnya. Apalagi untuk dikomersilkan.

 

"Sebenarnya pohon kurma ini tidak untuk diambil buahnya, tetapi hanya untuk dijadikan hiasan saja," ujar Mahmud Arifin kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu (27/4/2016).

 

Berbuahnya pohon kurma di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat Pekanbaru berbondong-bondong untuk melihat sendiri pohon tersebut.

 

Bahkan ada masyarakat yang mengabadikan moment itu, dengan berfoto di depan pohon kurma kerdil itu.

 

Seorang warga Kulim, Herna Rita bersama keluarganya penasaran dengan pohon kurma kerdil yang berbuah itu.

 

Menurutnya, hal itu adalah peristiwa langka. "Ini pemandangan langka. Senang di Indonesia bisa melihat pohon ini. Mudah-mudahan berbuah banyak," katanya.

 

Pengunjung hanya bisa melihat dari balik pagar putih yang mengelilingi pohon itu.