Sagu, Tanaman yang Sangat Menjanjikan Bagi Masyarakat Riau

Petani-Sagu-Sungai-Tohor.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/IZDOR)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peneliti tanaman sagu asal Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Hasyim Bintoro menerangkan banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman sagu. Apalagi jika masyarakat mengetahui metode pengolahannya.

 

Hasyim menjelaskan dalam diskusi di ruangan Sekda Pemprov Riau. Ia menerangkan sagu dapat tumbuh di tanah salin, tahan kekeringan, kebanjiran dan tahan bakar. Selain itu, jika dibandingkan dengan tanaman lain, dana yang diperlukan untuk menghasilkan pati dari sagu lebih murah.

 

"Prosesing pati dapat dilakukan dalam skala rumah tangga hingga dapat meningkatkan pendapatan petani di pedesaan. Karena potensi produknya yang tinggi, memungkinkan pemanfaatannya secara luas di pedesaan dalam skala kecil, menengah dan besar," ungkap Hasyim, Rabu (27/4/2016).

 

Salah satu hasil dari pengolahan pati sagu adalah gula. Setiap batang sagu memiliki kandungan pati kering sebanyak dua ratus hingga empat ratus kilogram, dan satu kilogram pati, dapat menghasilkan satu kilogram gula.

 

"Pati sagu bisa dimanfaatkan menjadi gula cair. Namun jika ingin mengolah pati sagu menjadi gula cair itu, prosesnya harus tepat. Saya ingin bicara dengan orang Meranti, jika saja sepuluh persen sagu dijadikan gula cair, paling tidak untuk Meranti itu sudah terpenuhi kebutuhan gulanya. Dan kalau lebih banyak, maka Riau akan mandiri dalam gula," paparnya.

 

Selain gula, sagu juga bisa dimanfaatkan dalam industri kertas, bahan bakar, pupuk, biogas dan industri makanan ternak. Untuk itu, jelas Hasyim, perlu adanya tindakan budidaya, penataan sagu, pengaturan jarak tanam dan pengaturan anakan agar produktivitas dan keberlangsungan komoditas sagu bisa terjaga.

 

Perlu adanya tindakan budidaya, penataan tanaman sagu, pengaturan jarak tanam dan pengaturan anakan agar terjaganya peroduktivitas dan keberlangsungan komoditas sagu.

 

"Sagu adalah varietas tanaman yang sangat menjanjikan bagi masyarakat Riau, maka dari itu pengembangan produktifitas tanaman sagu harus ditingkatkan oleh masyarakat dengan dorongan dari pemerintah," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline