Pemko Pekanbaru Resmikan Pembangunan 3 Pasar Tradisional

Peresmian.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru resmikan pembangunan 3 pasar tradisional, yakni Pasar Rakyat Limapuluh, Los Pasar Rumbai dan Pasar Teratai Madani. Peresmian pembangunan ini dilakukan serentak dan diresmikan di area Pasar Limapuluh, Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru.

 

Peresmian pembangunan pasar tradisional ini bertepatan dengan sempena Hari Konsumen Nasional yang jatuh hari ini. Pemko Pekanbaru mengusung tema konsumen cerdas, mandiri dan cinta produk dalam negeri untuk mendorong keunggulan produk lokal.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Azwan mengatakan Pasar Limapuluh yang diresmikan hari ini luasnya mencapai 2.270 meter persegi dengan 102 kios di dalamnya. Pembangunan pasar ini menghabiskan sumber dana dari APBN-P 2015 sebesr Rp 8 milyar.

BACA JUGA: Kalau Ambruk, Pasti Pemko yang Disalahkan 

 

"Revitalisasi Pasar Limapuluh yang saat ini diresmikan baru tahap pertama. Nanti akan ada pembangunan tahap kedua yang terletak di bagian belakang pasar dengan dua lantai. Pembangunan ini setidaknya akan menelan biaya Rp 15 milyar," ungkap Azwan, Rabu (20/4/2016).

 

Sambung Azwan, untuk Pasar Rumbai sendiri ia menerangkan luas pembangunannya 349,11 meter persegi dengan 63 los di dalamnya. "Biayanya menghabiskan Rp 1,6 milyar dari dana BAK tahun 2015 lalu. Kemudian untuk Pasar Teratai Madani, luasnya 2.700 meter persegai dengan 150 los dan memakan biaya Rp 2,7 milyar dari APBD Kota Pekanbaru tahun 2015." 

 

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus mengungkapkan pada tahun 2017 mendatang pembangunan seluruh Pasar Limapuluh harus sudah tuntas. "Nantinya pasar ini bisa dikelilingi atau dilalui orang-orang dan kendaraan. Jadi sirkulasi udaranya bagus, mobilisasi barang jadi mudah dan akses masyarakat untuk ke sini juga mudah," ungkapnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline