Pernikahan Alasan 20 Ribu Perempuan India Bunuh Diri Tiap Tahun

Perempuan-India-dengan-Sampah-Plastik.jpg
(AP)

RIAU ONLINEDi negeri ini, India, angka kematian dperempuan dengan cara bunuh diri sangat tinggi dengan rata-rata 20 ribu per tahunnya sejak 1997 silam. 

 

Penyebab utamanya perempuan di India memilih bunuh diri, ternyata gara-gara pernikahan akhirnya memutuskan mereka nekad mengakhiri hidupnya dengan cara tersebut. 

 

Data yang dilansir dari National Crime Records Bureau, lebih dari 20 ribu ibu rumah tangga di India bunuh diri pada 2014. Pada tahun sama, 5.650 petani bunuh diri di negara itu

 

Baca Juga: Perempuan di India Protes Pelaku Gituan Dibebaskan

 

Tetapi tingginya jumlah ibu rumah tangga yang meninggal dunia tidak menjadi berita utama, berbeda dengan para petani. Kenyataannya, lebih dari 20 ribu perempuan bunuh diri di India setiap tahun sejak 1997, tahun pertama data dikumpulkan National Crime Records Bureau berdasarkan pekerjaan korban.

 

Siswa India memyuarakan anti-perkosaan

Siswa India memyuarakan anti-perkosaan di Hyderabad pada September 2013.

 

Di tahun 2009, data statistik bunuh diri ibu rumah tangga mencapai puncaknya pada angka 25.092 kematian. Peter Mayer, penulis Suicide and Society in India, dan rekannya sesama peneliti, Della Steen, menemukan "risiko bunuh diri, secara umum, kemungkinan lebih tinggi pada dekade pertama atau kedua dari pernikahan, yaitu di antara orang-orang berumur 30 sampai 45 tahun".

 

"Kami menemukan tingkat melek huruf, pengenalan media dan ukuran keluarga yang lebih kecil, semuanya kemungkinan indikator pemberdayaan wanita, berhubungan dengan tingkat bunuh diri yang lebih tinggi bagi wanita di kelompok umur ini."

 

Klik Juga: Sadis! Gadis 15 Tahun Ini Dibakar Usai Diperkosa

 

Padahal, sebuah studi menemukan bahwa angka bunuh diri orang yang telah menikah di Amerika dan Australia lebih rendah daripada yang belum menikah. Hal tersebut sangat berbeda dengan kenyataan yang terjadi di India.

 

Pada 2001, hampir 70 persen orang yang bunuh diri telah menikah, dengan rincian 70,6 persen pria dan 67 persen wanita. Sebuah penelitian yang dipublikasi pada jurnal kedokteran, The Lancet, pada 2012 menemukan tingkat bunuh diri wanita yang berumur 15 tahun atau lebih di India, 2,5 kali lebih banyak dari mereka yang tinggal di negara dengan pendapatan tinggi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline