Aktual, Independen dan Terpercaya


Anda Punya Lahan Rusak dan Keramba Hanyut saat Banjir? Catat Janji Plt Gubernur Ini

Banjir-Sungai-Kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Pemprov Riau Akan Lalukan Perbaikan Ratusan Lahan dan Keramba Ikan Akibat Banjir
Penulis: Wilna Sari


RIAU ONLINE, PEKANBARU – Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri) Arsyadjuliandi Rachman, berjanji akan memperbaiki lahan dan keramba ikan warga yang rusak serta hanyut akibat banjir luapan Sungai Kampar, pekan lalu. 

 

Janji perbaikan itu dilaksanakan usai pemerintah melakukan proses pendataan dan verifikasi kerugian rampung dilaksanakan. 

 

(Baca Juga: Catat, Ini Janji Menteri Sosial ke Korban Banjir di Riau

 

“Bencana banjir ini masih berlanjut. Laporan terakhir saya terima, sekarang banjir sudah sampai di Pelalawan. Jadi, harapannya laporan kerugian ini bisa segera rampung agar bisa dilakukan langkah rehabilitasi dan perbaikan,” katanya, Rabu (17/2/2016).

 

Untuk rehabilitasi ratusan keramba dan tambak ikan warga, tutur Andi Rachman, sapaannya, Pemda telah meminta bantuan pemerintah pusat melalui Dirjen Budidaya Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

“Baru kemarin malam Dinas Perikanan datang melapor, minta izin ke Jakarta bertemu Dirjen Budidaya Perikanan KKP untuk membicarakan masalah banjir di Kampar. Karena memang ada ratusan tambak dan keramba ikan hilang akibat banjir itu,” katanya.

 

(Klik Juga: Kemensos Bakal Bangun Rumah untuk Korban Banjir

 

Andi menjelaskan, keberangkatan Dinas Perikanan ke Jakarta guna mengajukan anggaran rehabilitasi keramba dan tambak itu, lewat anggaran perubahan yang tengah dibahas.

 

Selain Dinas Perikanan, Pemprov Riau juga telah menginstruksikan kepada dinas terkait seperti pertanian untuk melakukan pendataan secara kontinu terhadap jumlah kerugian banjir yang menyebabkan lahan pertanian gagal panen.

 

Simak berita Banjir Sungai Kampar lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline