Siapakah Orang Melayu?

ranperda.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Saan)

Laporan : Saan

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siapakah orang melayu? Menurut Ketua harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Alazhar, Siapa orang melayu sulit untuk difenisikan.

 

Menurut Alazhar, jika berdasarkan konstitusi negara Malaysia syarat orang melayu itu harus beragama islam.

 

Namun jika aturan ini diterapkan di Riau akan menyingkirkan masyarakat suku talang mamak dan sebagian suku asli Riau lainnya.

 

"Sebab masyarakat talang mamak ada dua kepercayaan yaitu islam dan non islam. Masyarakat talang mamak bagian dari suku asli Riau," ujarnya.

 

Selain itu menurut Alazhar, bahasa melayu juga masih banyak logat berbeda. "Yang mana sebenarnya bahasa melayu," ujarnya.

 

Oleh karena itu kata dia, dalam public hearing Ranperda pelestarian budaya dan nilai tradisi melayu, Jumat (13/11/15). Pemerintah diharapkan lebih bijak mengambil sikap dalam Ranparda pelestarian budaya melayu itu.

 

Menurut Alazhar, ada sebagian orang berpendapat masyarakat melayu itu hanya butuh pengakuan dari diri sendiri. Siapa masyarakat melayu Riau juga tidak bisa dipisahkan dari sisi regional.

 

Menanggapi adanya suku talang mamak dan suku adat lainnya, Junaidi Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning memberikan masukan kepada DPRD Riau agar membuat undang-undang kusus untuk mereka.