Satelit Pantau 51 Titik Panas Sumatera, Riau Berpotensi Hujan

KABUT-ASAP-RIMBO-PANJANG.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/IZDOR)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satelit Tera dan Aqua masih memantau 51 titik panas tersebar di sejumlah wilayah Sumatera. Jumlah tersebut jauh menurun dari hari sebelumnya sempat melonjak 117 titik panas.

 

"Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru, Sugarin Widayat, Jumat (6/11/2015). (KLIK: Kerusakan Pagar Kantor Gubernur Diklaim Rp 50 Juta, Mahasiswa: Lucu Sekali)

 

Sugarin menjelaskan, titik panas paling banyak masih terpantau di Sumatera Selatan mencapai 37 titik, disusul Lampung tujuh titik, Bangka Belitung empat titik dan Sumatera Utara satu titik. Sedangkan di Riau terpantau dua titik panas yang tersebar di Pelalawan dan Indargiri Hilir.

 

"Tingkat kepercayaan di Riau di atas 70 persen yakni nihil titik panas," jelasnya.

 

Sugarin Widayat menyebutkan secara umum kondisi cuaca wilayah Riau cerah berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir masih terjadi di sebagian besar wilayah Riau. (LIHAT: Aksi Insan Nusantara Peduli Korban Asap di Pekanbru)

 

"Hujan terjadi pada malam atau pagi hari," kata Sugarin.

 

Sugarin mengatakan, hujan yang mengguyur Riau sepekan terakhir turut membantu menghilangkan daerah itu dari gangguan kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan. Kualitas udara berangsur pulih. Jarak pandang di beberapa wilayah membaik seperti Pekanbaru 5000 meter, Rengat 3000 meter, Pelalawan 3000 meter dan Dumai 10.000 meter.

 

"Temperatur maksimum 31.0-33.5 derjat calcius," ucapnya.