DLH Kuansing Targetkan UPTD Laboratorium Terakreditasi pada 2025

Kepala-DLH-Kuansing-Deflides-Gusni.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menargetkan UPTD Laboratorium terakreditasi pada 2025.

Hal tersebut disampaikan Kepala DLH Kuansing Deflides Gusni saat meninjau langsung kondisi UPTD Laboratorium yang berada di samping Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jumat, 26 April 2024.

Saat ini DLH Kuansing tengah melengkapi sarana dan prasarana terutama peralatan untuk proses akreditasi. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

"Tahun ini Insya Allah sudah kita daftarkan untuk akreditasi, target kita pada 2025 sudah terakreditasi," kata Deflides Gusni didampingi Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Muhammad Pasri.

Sejumlah syarat yang harus dipenuhi diantaranya suhu ruangan tempat peralatan harus 20 derajat. Saat ini suhu ruangan masih sekitar 27 derajat. 

"Untuk memenuhi itu tahun ini kita ada pengadaan untuk dua unit AC, sehingga suhu dalam ruangan bisa mencapai 20 derajat," kata Deflides.


Kemudian ada juga peralatan yang harus diperbarui seperti timbangan, water destilator dan peralatan lain yang dianggap perlu. Labor juga membutuhkan alat untuk keselamatan terutama shower.

Selain itu untuk memenuhi standar SDM tahun ini katanya DLH Kuansing akan melakukan pelatihan terhadap tiga orang petugas labor.

"Kalau untuk dokumen kita sudah lengkap, tinggal lagi ada beberapa peralatan dan SDM yang harus kita siapkan," tambah Deflides.

Akreditasi tersebut akan dilakukan Komite Akreditasi Nasional (KEN). Target kita tahun ini lanjut Dia labor kita sudah bisa didaftarkan untuk persiapan akreditasi.

"Ketika labor kita ini nanti terakreditasi maka bisa memberi kontribusi untuk penerimaan daerah," katanya.

Saat ini katanya kita masih melakukan pengujian ke Pekanbaru. Karena labor kita belum terakreditasi. 

"Kalau untuk sebatas menguji kita sudah bisa, tapi secara legal kita wajib terakreditasi. Doakan 2025 kita go akreditasi," pungkasnya.