Jalan Sako-SKP II Bisa Jadi Jalur Alternatif dari Kuansing Menuju Pekanbaru

jalan-mulus.jpg
(Ade Sulaeman)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) saat ini masih berjuang untuk mewujudkan adanya jalur alternatif menuju Pekanbaru.

Salah satu ruas yang disiapkan yakni ruas Simpang Sako Pangean-Trans SKP II, Kuantan Sako-Trans Petai dan Simpang 4 PT Wanasari- Sukamaju. Jalan ini bisa menjadi jalur alternatif menuju Pekanbaru.

"Apabila ini menyambung maka akan ada jalur alternatif bagi masyarakat Kuansing terutama dari arah hilir lebih dekat menuju Pekanbaru," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kuansing melalui Kepala Bidang Bina Marga, Faisal, Selasa, 6 Februari 2024 kemarin.

Faisal mengatakan panjang ruas jalan ini dari simpang Sako Pangean menuju Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir itu lebih kurang 56 kilometer. Ruas jalan ini akan terhubung dengan ruas jalan di Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar.


"Jadi kalau kita dari Kuansing masuk dari simpang Sako Pangean bisa keluar ke Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Kalau sekarang ruas ini baru sebagian kecil yang teraspal. Keinginan pak Bupati jalan ini diaspal semua supaya bisa nyambung, sehingga ada jalan alternatif ke Pekanbaru," kata Faisal.

"Kalau diaspal semua terutama yang belum itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 200 miliar, jadi kita juga minta bantu pemerintah pusat,".

Menurut Faisal apabila akses jalan ini dilakukan peningkatan tentunya akan menjadi akses paling aman menuju Pekanbaru dan tidak akan ada terendam oleh banjir. "Keluarnya nanti kan ke jalan Nasional di daerah Gunung Sahilan," katanya.