Tanpa Alat Pelindung, Pekerja Bongkar Jembatan Lubuk Jambi di Kuansing

Pekerja-bongkar-jembatan-di-kuansing.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jembatan tertua di Provinsi Riau yang membentang di atas Sungai Kuantan di Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing kini dibongkar.

Sayangnya para pekerja yang membongkar jembatan tersebut tidak mengindahkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Kurangnya pengawasan yang dilakukan diduga menjadi penyebab para pekerja memilih tidak menggunakan alat pelindung keselamatan kerja.

Pembongkaran rangka jembatan lama tersebut telah berlangsung beberapa bulan terakhir. Pada Minggu, 5 Februari 2024 kemarin terlihat para pekerja masih terus melakukan pembongkaran meskipun tidak dilengkapi safety.


Data yang dikumpulkan RIAU ONLINE, jembatan Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau yang sudah berumur lebih kurang 41 tahun.

Jembatan yang selesai dibangun pada 1978 silam dan diresmikan pada 1980 merupakan jembatan tertua di Provinsi Riau. Jembatan ini membentang diatas Sungai Kuantan menghubungkan Provinsi Riau dan Sumbar serta dilintasi oleh kendaraan dari berbagai Provinsi menuju ujung pulau Sumatera dan Jawa.

Sejak selesainya pembangunan jembatan baru beberapa tahun terakhir, jembatan lama ini tidak dilewati lagi oleh pengendara. Karena selain umurnya yang sudah tua jembatan ini juga sudah sangat goyang dilalui truk besar.