Buka Peluang Usaha, Disbudpar Kuansing Taja Pelatihan Menyablon

Pelatihan-sablon-dikuansing.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kuansing menggelar pelatihan menyablon. Pelatihan tersebut diikuti 25 peserta digelar di Balai Diklat Teluk Kuantan selama tiga hari 15-17 Desember 2023.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Azhar mengatakan dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut semoga tercipta lapangan kerja baru yang terampil terutama dibidang menyablon.

Menurutnya selama ini kita tahu kalau selain banyak oleh-oleh khas Kuansing berupa makanan seperti kerupuk sagu juga ada batik khas Kuansing, tentu diharapkan juga hadir souvenir berupa baju kaos dengan tulisan maupun gambar yang mencirikan khas Kuansing.


"Jadi banyak peluang sebenarnya yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku pariwisata kita, selain oleh-oleh berupa makanan dan batik khas Kuansing tentunya kita juga butuh ada usaha seperti sablon ini," kata Azhar, Minggu, 17 Desember 2023 usai menutup acara pelatihan tersebut.

Apalagi lanjut Dua Kuansing punya Festival terbesar di Riau yaitu Pacu Jalur yang dikunjungi oleh ratusan ribu orang. Tentunya ini bisa menjadi pangsa pasar yang sangat besar nantinya.

"Semoga dengan pelatihan-pelatihan seperti ini dapat menunjang kemajuan pariwisata sekaligus dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," tutup Azhar.