BP3 Riau Dorong UMKM Tumbuh Kembang Lewat Riau Creative Fest 2023

Riau-Creative-Fest-2023-di-Mall-SKA.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pondasi dan tulang punggung perekonomian Nasional. 

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah kontribusi UMKM mencapai 99% dari seluruh unit usaha, kontribusi terhadap PDB sebesar 60,5% dan mampu menyerap tenaga kerja 96,9%. 

Saat ini UMKM di Indonesia terus tumbuh berkembang dan bahkan menjelma sebagai “dewa penyelamat” disaat bangsa Indonesia menghadapi krisis.  

Berangkat dari hal itu pula Pengusaha Pemuda Pancasila (BP3) Riau turut ambil bagian mendorong UMKM terus tumbuh berkembang dengan menyelenggarakan Riau Creative Fest 2023 di Mall SKA Pekanbaru. 

Kegiatan bazar ini diselenggarakan selama 2 hari, dimulai Sabtu 16 Desember sampai dengan Minggu 17 Desember 2023.


Ketua Panitia Yusafat Rendra dalam kata sambutannya menjelaskan, ada tiga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan BP3 pada Riau Creative Fest 2023 kali ini, yaitu Lari Santai Pagi, Talkshow, Lomba Masak, Bazar, dan tentunya penyelenggara tak ketinggalan menyuguhkan hiburan. 

“Kegiatan yang kita gelar secara perdana ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi dan tentunya diharapkan berdampak positif pada dunia UMKM kita yang ada di Riau,” ucap Rendra. 

Sementara Ketua BP3 Riau, Erwin Edison, mengatakan, Riau Creative Fest 2023 ini terselenggara atas kerjasama berbagai pihak yang mempunyai semangat yang sama dalam memperkuat UMKM yang ada di Riau. 

“Kami sangat menyadari UMKM salah satu sektor yang mampu menopang perekonomian bangsa kita, terutama di Riau,sehingga sudah seharusnya semua stakeholders mendorong UMKM terus bertumbuh,” kata Erwin, Sabtu, 16 Desember 2023. 

BP3 Riau yang merupakan badan otonom Pemuda Pancasila Riau mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mensupport kegiatan ini, seperti Bank Indonesia, Pertamina Hulu Rokan, Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia, Eka Putra Food, serta Danish Pro. 

Hadir dalam pembukaan Riau Creative Fest 2023, Gubernur Riau diwakili Disperindag Riau Tetty Nurdianti, Kapolda Riau diwakili Kabid Humas Kombes Pol Hery Murwono, Hipmi Kota Pekanbaru, dan Rumah BUMN, Teresia.