Aljuanda Kurniansyah Juara Satu Hafalan MTQ ke-41 Riau

Aljuanda.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Aljuanda Kurniansyah keluar sebagai juara satu cabang hafalan 5 juz dan tilawah putra pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Riau, di Kabupaten Indragiri Hulu.


Alumni Pondok Pesantren Kiyai Haji Ahmad Dahlan Teluk Kuantan yang saat ini menempuh pendidikan di Institut Ilmu Al'quran (IIQ) Jakarta  berhasil mengharumkan nama Kabupaten Kuansing pada MTQ ke 41 Riau.

Pelajar kelahiran Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah ini berhasil mengungguli pesaingnya dari 12 kabupaten dan kota di Privinsi Riau. Pelaksanaan MTQ ke 41 Riau telah berakhir pada Minggu kemarin.

Meskipun Kabupaten Kuansing berada di peringkat 11 se Provinsi Riau. Namun lima wakil Kuansing berhasil membawa Kuansing pada level juara.

"Ada dua kafilah kita yang berhasil meraih juara satu. Juara 2 ada dua orang dan juara tiga satu orang," ujar Wakil Ketua Sekretaris LPTQ Kabupaten Kuansing, Zulkifli dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 20 November 2023.

Sebelumnya lima wakil Kuansing yang berhasil masuk final diantaranya dari cabang tilawah golongan dewasa putri ada Noprianti. Cabang tilawah golongan tuna netra atas nama Karim dan Resi Sarpita. Cabang hafalan golongan 5 juz dan tilawah putra ada Aljuanda Kurniansyah dan cabang Kaligrafi golongan naskah ada Nopri.

Untuk canet dua wakil Kuansing atas nama Karim dan Resi Sarpita berhasil meraih juara dua. Dan untuk cabang kaligrafi berhasil meraih juara tiga. Untuk Noprianti dan Aljuanda berhasil meraih juara satu.

Pada MTQ ke 41 tingkat Provinsi Riau ada 10 cabang yang dilombakan dengan 28 golongan. Untuk Kuansing ada 66 orang yang ambil bagian terdiri dari 34 putra dan 32 putri.