Asih Rilyanti Duduk Sendirian di Belakang karena PAW Belum Ditandatangani Bupati

Asih-Rilyanti.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuansing harus menyiapkan meja dan kursi khusus pada bagian belakang sebagai tempat sementara anggota DPRD Kuansing Asih Rilyanti yang baru saja diambil sumpah menjadi PAW anggota DPRD Kuansing dari PPP.

Asih Rilyanti menggantikan Zulhendri melalui mekanisme PAW anggota DPRD Kuansing. Zulhendri sebelumnya merupakan Wakil Ketua DPRD I Kabupaten Kuansing. Kini kursi Zulhendri sebagai pimpinan DPRD belum terisi.

Dimana DPRD Kuansing telah mengajukan usulan pimpinan ke Bupati Kuansing. Namun sampai acara pelantikan PAW anggota DPRD Kuansing kabarnya usulan PAW pimpinan tersebut belum ditandatangani oleh Bupati Kuansing.

Bahkan anggota DPRD Kuansing Darmizar sempat mempertanyakan sudah dua kali PAW anggota DPRD tapi tidak satupun Bupati mau tandatangan.

"Termasuk PAW pimpinan yang seharusnya hari ini ada dua pelantikan," kata anggota DPRD Kuansing, Darmizar saat rapat paripurna agenda PAW anggota DPRD Kuansing baru mulai dibuka, Selasa, 26 September 2023.

Menurut Ketua DPC PPP Kuansing Darmizar karena tidak ditandatangan PAW pimpinan maka hari ini SK dari Gubri tidak keluar. Politisi PPP Kuansing ini lantas mempertanyakan sebenarnya ada permasalahan apa sepertinya Dewan ini tidak dianggap lagi.

"Kalau tidak hadir mungkin tidak ada masalah, tapi kalau tidak mau tanda tangan ini ada apa," tanya Darmizar yang membuat tamu undangan terdiam.

Menurutnya ini perlu kita runut kalau kabupaten kita ini tidak baik-baik saja sekarang. "Sekarang ini kabupaten kita sedang tidak baik-baik saja terutama eksekutif," katanya.

Dua kali rapat paripurna Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kuansing tidak sekalipun dihadiri Bupati Kuansing Suhardiman Amby terlihat hadir.

Rapat paripurna agenda PAW anggota DPRD Kuansing kali ini Bupati hanya diwakili Asisten I Setda Kuansing Fahdiansyah. Rapat paripurna agenda PAW anggota DPRD Kuansing juga minim dihadiri pejabat Kuansing.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, rapat paripurna hanya dihadiri beberapa pejabat di Lingkungan Pemkab Kuansing. Pejabat yang hadir diantaranya ada Asisten I Setda Kuansing Fahdiansyah, Staf Ahli Setda Ramli, Kepala Kesbangpol Kuansing Muhjelan, dan Kabag Pemerintahan.

Asisten I Setda Kuansing Fahdiansyah yang hadir saat rapat paripurna Selasa menyampaikan permohonan maaf Bupati karena dalam beberapa hari ini menghadiri acara di Provinsi karena sudah teragendakan sebelumnya.