400 Tong Sampah Disebar untuk Wujudkan Pacu Jalur Minim Sampah

Pacu-jalur-minim-sampah.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuansing akan menyiapkan 400 tong sampah dalam rangka rangka mewujudkan pacu jalur minim sampah saat pelaksanaan Kharisma Event Nusantara (KEN) pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan pada 23-27 Agustus 2023 mendatang.

Ratusan tong sampah itu yang akan disebar di setiap sudut kota terutama di lokasi tempat pelaksanaan pacu jalur. Sampah yang ada akan dipilah secara langsung.

"Setiap tong sampah yang kita siapkan ini menggunakan roda, jadi cukup gampang untuk dibawa ke mobil truk pengangkut sampah," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuansing, Deflides Gusni kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 19 Agustus 2023.


Dikatakan Deflides setiap tempat nanti akan ada tiga tong sampah yang disiapkan. Sampah yang dibuang bisa dipilah oleh masyarakat mulai sampah organik yang berasal dari sisa organisme hidup, misalnya sisa sayuran dan buah-buahan yang dibuang.

Kemudian sampah anorganik seperti limbah botol plastik, kardus, plastik pembungkus makanan, dan sebagainya. Kemudian setiap tribun diminta untuk menyiapkan plastik sampah sehingga sampah tidak dibuang ke sungai.

Deflides berharap pacu jalur tahun ini diharapkan bisa minim sampah. Tentunya dia menghimbau kepada masyarakat terutama pengunjung dan pedagang agar membuang sampah pada tempatnya. Sehingga lokasi pacu jalur kita selalu bersih.