Besok Mahasiswa Demo PT MIA karena Aktivitasnya Diduga Picu Gempa Kuansing

Dinamit.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Aliansi Mahasiswa Peduli Hukum Kuansing bakal menggelar aksi demo pada Rabu, 16 Agustus 2023. Aksi tersebut akan digelar di bundaran tugu carano daerah Sinambek, Kelurahan Sungai Jering, Kecamatan Kuantan Tengah.

"Kita gelar aksi di bundaran tugu carano," ujar Koordinator Lapangan (Korlap), Noverman, Senin, 14 Agustus 2023 kemarin.

Dalam tuntutannya Dia mendesak agar izin PT MIA yang melakukan aktivitas penambangan batu bara di wilayah Desa Petai, Kecamatan Singingi Hilir dicabut karena diduga telah menimbulkan bencana gempa di Kabupaten Kuansing pada 4 Agustus 2023 lalu.

Meminta Kejagung RI untuk menyelidiki dugaan korupsi karena melakukan aktivitas penambangan di luar izin usaha pertambangan (IUP) yang mereka miliki.

Juga meminta PT MIA mengganti rumah yang rusak akibat gempa yang terjadi beberapa waktu lalu yang diduga disebabkan ledakan dinamit perusahaan tambang batu bara ini.



Aliansi Mahasiswa Peduli Hukum Kuansing akan menerjunkan 100 orang untuk hadir pada demo besok dengan sasaran Kantor DPRD Kuansing dan Mapolres Kuansing.