Kelebihan Berat Badan, Petinju Pekanbaru Gagal Tampil di Semifinal Porprov X Riau

Pertandingan-tinju-di-Porprov-Riau.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Menjaga berat badan sebelum bertanding menjadi faktor yang sangat penting dalam olahraga tinju. Berat badan berlebih akan membuat sang petinju bisa gugur atau batal bertanding.

Sebelum bertanding petinju wajib mengikuti timbang berat badan. Biasanya timbang berat badan ini dilakukan pada pagi hari sebelum pertandingan dimulai.

Hal ini dialami petinju Pekanbaru, Martin Rusdi MP. Dia tidak diizinkan bertanding karena dinilai "unfit" atau berat badan berlebih. Padahal petinju ini masuk semi final.


Martin seharusnya bertanding melawan Galih Aditia D asal Indragiri Hilir pada partai semifinal kelas 51 kg putra, Rabu, 16 November 2022 malam. Namun petinju asal Pekanbaru ini tidak diizinkan karena berat badan berlebih.

Hal ini membuat Galih Aditia D melenggang lolos ke partai final. Partai final nanti akan digelar pada Jumat, 18 November 2022.

"Hanya lima partai malam ini (Rabu,red), satu unfit berat badan berlebih," ujar salah seorang Hakim pertandingan, Rabu malam.

Sampai dengan hari ketiga sejak pertandingan dimulai, pada Rabu, 16 November 2022 sudah 61 partai yang tampil pada cabor tinju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau Tahun 2022.

Tinju masih akan berlangsung hari ini Kamis, 17 November 2022 dimulai pukul 15.00 WIB di lapangan tenis depan lapangan Limuno Teluk Kuantan. Ada 16 partai nanti yang akan tampil.