Pelayanan Adminduk Kuansing Dalam Genggaman, Cukup Buka siagadukcapil.kuansing.go.id

Kepala-Disdukcapil-Kuansing-M-Reffendi-Zukman.jpg
(Robi Susanto/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Untuk mempermudah pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan. Kini, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) telah meluncurkan website resmi siagadukcapil.kuansing.go.id.

Kini pelayanan adminduk bisa dilakukan dimana saja. Cukup dengan smartphone, website sudah bisa diakses oleh masyarakat dan mendapatkan pelayanan, sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor.

Program ini bertujuan memudahkan masyarakat mendapat pelayanan secara online. Inovasi ini sudah dirancang sejak beberapa tahun lalu, dan mulai diterapkan tahun ini.

 

Kepala Disdukcapil Kuansing, M Reffendi Zukman

Kepala Disdukcapil Kuansing, M Reffendi Zukman (Robi Susanto/RIAUONLINE.CO.ID)

 

Kepala Disdukcapil Kuansing, M Reffendi Zukman didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Tekad Kurniawan mengatakan, pelayanan berbasis online ini sudah diterapkan mulai tahun ini.

 

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Tekad Kurniawan2

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Tekad Kurniawan (Robi Susanto/RIAUONLINE)


"Kini mengurus kartu keluarga (KK), surat pindah, akta pencatatan sipil, kelahiran dan akta kematian sudah online, tinggal buka siagadukcapil.kuansing.go.id nanti akan ada menu pilihan," ujar Reffendi, Jumat, 10 Juni 2022.

Lantas, bagaimana cara mengakses dan melakukan registrasi? Berikut langkah-langkahnya :

a. Persiapkan Kartu Keluarga, Nomor Handphone (WA) dan Email yang valid
b. Masukkan NIK dan KK lalu klik tombol cari data, jika data valid maka akan muncul biodata diri.
c. Masukan email dan nomor WhatsApp (aktif)
c. Masukan kata sandi (minimal 6 karakter tidak boleh angka semua)
d. Klik Daftar lalu masukan kode aktivasi yang dikirim melalui email dan WhatsApp
e. Login menggunakan NIK dan password yang sudah diisi

 

 

Setelah berhasil masuk dan mengakses ke akun, maka akan ada notifikasi masuk ke handphone. Dan kode aktivasi yang dikirim ke email silakan cek pada folder spam.

 

2Operator pelayanan adminduk online Dusdukcapil Kuansing

Operator pelayanan adminduk online Dusdukcapil Kuansing (Robi Kuansing/RIAUONLINE)

Untuk kode aktivasi yang dikirim ke WA harap pastikan nomor aktif. Silakan klik Kirim Ulang untuk mengirim kode aktivasi kembali. Silakan rubah email dan nomor hp pada kolom yang disediakan jika data yang dimasukkan salah

 

 

Operator pelayanan adminduk online Dusdukcapil Kuansing

Operator pelayanan adminduk online Dusdukcapil Kuansing (Robi Kuansing/RIAUONLINE)

 

Untuk melakukan perubahan data, masyarakat bisa membuka halaman akunku, selanjutnya akan tampil biodata diri, untuk merubah nomor HP, WA dan email silakan klik pengaturan.

Disdukcapil Kuansing sendiri sudah menyiapkan empat orang operator yang online setiap hari kerja untuk terus memantau layanan masyarakat tersebut dilakukan secara online.

Nanti apabila persyaratan lengkap operator akan melakukan proses verifikasi atas pengajuan pemohon. Apabila lengkap pemohon nantinya akan mendapatkan Dokumen yang sudah diajukan atau bisa cetak sendiri dengan cara download PDF yang muncul pada aplikasi. (Advetorial)