Digelar Juli, Festival Budaya Maghawang di Paboun Hilir Masuk Kelender Pariwisata Riau 2022

Kalender-Event-Pariwisata-Riau-tahun-2022-2.jpg
(Haslinda/Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Festival Budaya Maghawang di Desa Paboun Hilir, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing masuk dalam kelender Pariwisata Riau Tahun 2022.


Nama Maghawang sendiri merupakan bahasa yang digunakan warga setempat dengan arti turun ke ghawang atau lahan persawahan yang belum ditanami padi untuk mencari ikan.

 

Tradisi maghawang ini sudah turun temurun di gelar setiap tahunnya di sejumlah wilayah di Kabupaten Kuansing termasuk di beberapa desa di Kuantan Mudik.

Sesuai kelender pariwisata Riau festival maghawang nanti akan digelar pada bulan Juli 2022 di desa Pebaun Hilir, Kecamatan Kuantan Mudik. Dari ibukota kabupaten desa ini berjarak lebih kurang 30 meter.


Selain festival maghawang, festival yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Kuansing juga masuk dalam event pariwisata Riau yakni festival Pacu Jalur. Festival ini akan digelar sekitar bulan Agustus 2022.

 

 


Satu lagi yang masuk kelender pariwisata Riau adalah festival Laman Silek Pangean Kuansing. Festival ini dipastikan akan digelar di Kecamatan Pangean. Akan banyak pendekar turut ambil bagian pada festival silat ini nantinya.

Itulah tiga festival di Kabupaten Kuansing yang masuk kelender Pariwisata Riau pada tahun 2022.